Katingan Tidak Berpotensi Banjir Besar Walau Curah Hujan Tinggi

WhatsApp Image 2023 04 03 at 2.54.43 PM
Markus, S.Pd., M.P.H

, – Kendati curah hujan di beberapa wilayah Kecamatan di dalam satu bulan terakhir ini, namun masih terbilang aman dan tidak berpotensi banjir besar. Demikian yang dikatakan Kepala pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah () Kabupaten , Markus, S.Pd., M.P.H kepada sejumlah awak media, Senin pagi (3/4/2023), di ruang kerjanya.

Maksudnya, dirinya mengakui terjadinya banjir hampir setiap hari di hampir semua wilayah Kecamatan dari 13 Kecamatan yang ada di Kabupaten Katingan, namun tidak berpotensi banjir. “Artinya, kendati curah hujan tinggi, namun Katingan tidak berpotensi banjir besar,” kata Markus.

Intinya, air hujan yang turun dari langit itu, selama beberapa pekan ini menurutnya hanya tergenang saja di suatu tempat yang datarannya kebetulan terendah. Itupun debit airnya hanya naik sekitar belasan centimeter saja. Setelah satu atau dua hari kemudian air yang tergenang tersebut langsung menurun dan kering.

Seperti air yang tergenang di Desa Banut Kalanaman Kecamatan . Meskipun debit airnya mendekati 40 centimeter, namun hanya bertahan 1×24 jam saja, dan keesokan harinya sudah kering. Begitu pula yang terjadi di ruas jalan menuju wilayah Kecamatan Tasik Payawan genangan air dengan ketinggian sekitar 15 centimeter. Banjir kiriman dengan ketinggian 15 centimeter ini hanya menggenangi badan jalannya saja. “Sedangkan perumahan penduduk masih jauh dari banjir,” terangnya.

Oleh karena itu, badan jalan tersebut masih bisa dilewati baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat, sehingga masyarakat setempat menurutnya masih aman menjalankan aktivitasnya setiap hari.

Meskipun saat ini masih aman dari banjir dan aktivitas masyarakat masih dalam keadaan normal, namun dirinya meminta kepada masyarakat Katingan tetap waspada. “Jika sewaktu-waktu terjadi banjir ataupun luapan air secara mendadak, agar menghubungi langsung kepada petugas ,” harap mantan Kabag Protokoler ini, seraya menyebutkan call centre BPBD yang sudah tertera di beberapa group . (abu)