Dewan Ingatkan Masyarakat Bijak Dalam Bermedsos

WhatsApp Image 2023 05 01 at 3.59.05 PM
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Amirun

, – Kian maraknya selebaran informasi melalui media sosial (Medsos) beberapa tahun terakhir ini, bukan saja pelajar tapi dari usia belasan tahun hingga dewasa. Bahkan yang sudah berkeluarga. Baik menggunakan (WA), SMS, (FB), twitter, instagram maupun Medsos lainnya.

Oleh karena itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten , Amirun mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Katingan, dalam bermedsos agar bersikap bijak. Terutama, saat mengakses dan mengunduh berbagai konten yang tersedia di medsos. Ajakannya ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Senin siang (1/5/2023).

Karena menurut Amirun, begitu banyak bertebaran informasi dari medsos. Medsos dibuka di mana dan kapan saja. Bahkan hampir semua berita yang ingin dicari tersedia. Khawatirnya kebenarannya belum tentu sepenuhnya benar. “Untuk itulah perlu cek and ricek terlebih dahulu,” ingatnya.

Maksudnya, ketika kita mendapatkan informasi di medsos yang di-share seseorang di grup atau di WA kita menurutnya jangan di-share dulu ke grup lainnya atau ke WA teman. Karena dikhawatirkan informasi tersebut tidak benar (hoax). “Sebaiknya ditelusuri dulu kebenaran informasi tersebut. Jika merasa ragu, sebaiknya dihapus saja,” saran legislator ini.

Sekali lagi dirinya berharap kepada masyarakat ke depannya dapat bermedsos dengan bijak,  jika ada informasi agar disaring dulu. Kalau perlu ditanyakan dengan teman-teman lainnya tentang kebenaran informasi tersebut, jangan langsung disebarluaskan dulu. Jika merasa sanksi, sebaiknya jangan disebarkan ke grup lainnya atau ke teman lainnya.

Tapi, jika informasi itu bermanfaat untuk masyarakat, bisa saja disebarluaskan ke grup atau ke teman-teman lainnya. Misalnya, informasi mengajak gotong royong guna membersihkan di sekitar tempat tinggal kita atau informasi tentang digelarnya pemeriksaan kesehatan gratis dari Dinas Kesehatan setempat dan kegiatan positif yang bermanfaat. “Sehingga, masyarakat bukan hanya mengetahui saja dari informasi informasi tersebut, tapi bersedia pula untuk melibatkan dirinya dalam kegiatan tersebut,” terang anggota dewan asal dapil Katingan I yang meliputi wilayah Kecamatan , Tewang Sangalang Garing dan Bukit Raya ini. (abu)