Warga Tumbang Sanamang Keluhkan Sulitnya Komunikasi

milo
Damang (kepala adat) Kecamatan Katingan Hulu, Milo S Binti

, – Masyarakat , ibukota keluhkan kesulitan komunikasi, lantaran signalnya kurang mendukung.

Demikian kata Damang (kepala adat) Kecamatan Katingan Hulu, Milo S Binti yang diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Selasa siang (30/5/2023).

Dengan sulitnya signal di wilayahnya, utamanya di Kelurahan Tumbang Sanamang, sehingga warga setempat menurutnya sangat kesulitan melakukan komunikasi, baik dari Kelurahan Sanamang ke desa-desa dan ke kecamatan lainnya maupun ke ibukota serta ke luar daerah.

Bukan saja kesulitan saat komunikasi berteleponan biasa, tapi juga komunikasi menggunakan media (Medsos). Padahal, jaringan signal ini menurutnya sangatlah penting bagi warga setempat. Selain untuk berkomunikasi biasa, diperlukan juga untuk bermedia sosial (Medsos). “Terutama untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan dan mengetahui sejauh mana tingkat daerah dan ,” katanya.

Bahkan menurutnya, sangat dibutuhkan pula bagi anak didik kita, baik yang di tingkat SMP maupun SMA, untuk mencari buku literatur secara online, baik buku pengetahuan umum maupun pengetahuan agama. “Karena, anak didik sekarang tidak hanya mengandalkan ilmu yang diajarkan oleh guru di sekolah saja, tapi perlu juga didukung dengan buku-buku lainnya yang didapat dari online.

Menjawab pertanyaan media, dirinya mengaku kesulitan berkomunikasi melalui HP yang dirasakan oleh masyarakat di Kelurahan Tumbang Sanamang ini sudah lama berlangsung. Sementara di beberapa desa yang masuk wilayah Katingan Hulu sebagian besar lancar-lancar saja. “Padahal tower telkomnya sudah dibangun di Kecamatan Katingan Hulu,” terangnya.

Sehubungan dengan itulah dirinya berharap kepada Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Kabupaten Katingan agar bisa melakukan penambahan alat sebagai penguat signal di Kelurahan Tumbang Sanamang dimaksud. “Sehingga, masyarakat Tumbang Sanamang dapat berkomunikasi dengan baik dan lancar,” harapnya. (abu)