Mampu Atasi Nyeri Haid, Ini 5 Manfaat Jamu Kunyit Asam

.com – Dibuat dari gabungan rempah kunyit dan asam Jawa, jamu kunyit asam menjadi minuman tradisional yang dipercaya memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah membantu mengatasi nyeri . Tentunya, manfaat jamu kunyit asam satu ini bukan tanpa alasan.

Penelitian dalam Complementary Therapies in Medicine menyebutkan bahwa senyawa curcumin pada kunyit memiliki pengaruh terhadap karakteristik fisik, perilaku, dan emosi wanita menjelang periode menstruasi. Ini juga termasuk dengan perut, rasa lelah berlebihan, dan perubahan pada suasana hati.

Manfaat Jamu Kunyit Asam untuk Kesehatan

Apa saja manfaat jamu kunyit asam untuk tubuh? Berikut beberapa di antaranya:

1. Mengontrol suasana hati 

Saat memasuki periode menstruasi, terjadi perubahan hormon yang dapat membuat emosi berubah dengan sangat signifikan. Ini menjadi hal yang lumrah saat seorang wanita yang sedang menstruasi menjadi lebih sering sedih atau marah tanpa sebab yang jelas.

Seperti disebutkan dalam Journal of Affective Disorders, manfaat jamu kunyit asam untuk mengatasi perubahan suasana hati bekerja dengan menyeimbangkan senyawa kimia di , sehingga mengurangi dan mencegah wanita mengalami mood swing ketika sedang menstruasi. Selain itu, berikut manfaat jamu kunyit asam lainnya untuk kesehatan tubuh.

2. Sebagai antioksidan

Kerusakan oksidatif diyakini sebagai salah satu mekanisme di balik penuaan dan banyak penyakit. Proses ini melibatkan radikal bebas yang cenderung bereaksi dengan zat organik penting, seperti asam lemak, protein, atau DNA.

Alasan utama antioksidan sangat bermanfaat adalah karena mereka melindungi tubuh dari radikal bebas. Kurkumin memiliki sifat antioksidan kuat yang dapat menetralisir radikal bebas karena struktur kimianya.

Selain itu, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kurkumin dapat memblokir aksi radikal bebas dan merangsang aksi antioksidan lainnya. Namun, studi klinis lebih lanjut diperlukan pada manusia untuk mengkonfirmasi manfaat ini.

3. Mengurangi risiko diabetes

menjadi masalah kesehatan yang berhubungan dengan gangguan kadar gula darah dalam tubuh, dalam hal ini kadarnya terlalu tinggi. Guna membantu mengendalikan kadar gula darah sehingga mengurangi risiko diabetes, kamu bisa mengonsumsi jamu kunyit asam secara teratur.

Studi yang dipublikasikan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menyebutkan, kunyit bisa membantu mengontrol kadar gula darah yang tinggi. Rempah satu ini terbukti dapat meningkatkan sensitivitas insulin yang mengacu pada penurunan kadar gula darah.

4. Mengobati sakit maag

Manfaat jamu kunyit asam lainnya adalah membantu mengurangi gejala sakit . Gangguan kesehatan ini adalah wujud dari refluks asam yang lebih buruk dan bertahan lama, membuat ulu hati terasa nyeri yang tidak kunjung mereda.

Seperti disebutkan dalam Systematic Reviews, tanaman herbal ini membantu menurunkan tingkat kekambuhan gejala dari sakit maag. Ini berkat kandungan kurkumin pada kunyit yang turut berperan dalam mengontrol pembentukan empedu dan yang berlebih.

5. Meningkatkan imunitas

Manfaat jamu kunyit asam terakhir adalah membantu meningkatkan imunitas tubuh. Ini berkat kandungan antiperadangan dan antibakteri. Jika imunitas tubuh kuat, tentunya dapat membuat tubuh lebih aktif dalam melawan berbagai bakteri dan kuman penyebab penyakit.

Itu tadi beberapa manfaat jamu kunyit asam untuk kesehatan selain membantu mengatasi nyeri saat menstruasi. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan kesehatan rutin. (halodoc)