Gubernur Salurkan Bantuan Fungsi Pendidikan Kalteng Berkah di Kobar

Whatsapp Image 2024 01 09 At 12.44.40 Pm

, KOTAWARINGIN BARAT – Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran didampingi istri Ivo Sugianto Sabran menyalurkan Bantuan () dan Launching Bansos Fungsi Pendidikan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Bantuan Fungsi Pendidikan Kalteng Berkah yang merupakan upaya dalam mendukung pertumbuhan daerah di sektor Sumber Daya Manusia (SDM) ini dipusatkan di area Taman Kota, Bundaran Pancasila Pangkalan Bun, Senin (8/1/2024).

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah fokus dalam percepatan peningkatan kualitas SDM, salah satunya dengan memberikan dukungan pada mahasiswa agar tetap semangat dalam menjalani studi pada masing-masing Perguruan Tinggi,” kata Gubernur di dalam keterangannya.

Gubernur menuturkan, generasi muda Kalimantan Tengah mempunyai potensi untuk berkolaborasi dalam membangun Kalimantan Tengah tercinta, oleh karena itu dirinya mengharapkan pemuda Kalteng tetap berjuang, dan tetap semangat untuk meraih impian.

akan terus meningkatkan APBD sehingga dapat mencapai 8 triliun rupiah agar layanan di bidang pendidikan semakin meningkat,” imbuhnya.

Menurutnya, sekitar 96 ribu orang atau 60 persen dari tamatan SMA, yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi (kuliah) baru 30 persen saja, hal ini menunjukkan bahwa masih banyak anak-anak lulusan SMA di Kalimantan Tengah tidak berkesempatan melanjutkan kuliah.

“Hal ini menjadi tugas kami dengan bapak Bupati dan Wali Kota se Kalimantan Tengah, untuk membantu biaya UKT dari pemerintah daerah bagi yang miskin supaya mereka berkesempatan untuk sampai ke jenjang S1,” ujarnya.

Selanjutnya untuk mencetak sumber daya manusia Kalteng yang unggul, Pemprov Kalteng tambah Gubernur akan membangun sarana pendidikan yaitu universitas modern bertaraf internasional di Kota Palangka Raya, dan direncanakan peletakan batu pertama pada bulan Juli 2024 yang akan datang.

“Selain itu, kedatangan kami pada saat ini juga untuk memberikan bantuan hibah berupa sembako sebanyak 2.000 paket kepada mahasiswa di Kobar senilai Rp250.000 per paket, semoga hal ini bermanfaat,” bebernya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala (Disdik) Provinsi Kalteng M. Reza Prabowo menambahkan, bahwa terdapat 3 Perguruan Tinggi yg ada di Kabupaten Kobar yaitu Untama, Stikes Borneo Cendikia, dan STIT Nur Ahadiyah, dengan total mahasiswa sebanyak 2.557 orang.

Terkait Kalteng Berkah dari 5.641 orang penerima se-Kalimantan Tengah, untuk Kabupaten Kobar, kata Kadisdik hanya 109 orang yang mendapatkan beasiswa tersebut.

“Hal ini sesuai rekomendasi dari Rektor Perguruan Tinggi hanya bagi mahasiswa yang benar-benar tidak mampu,” demikian Reza. (asp)