Warga Binaan Lapas Sampit Ikuti Pelatihan Tata Boga untuk Tingkatkan Kemandirian

, PELANGKA RAYA – Warga binaan wanita di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB , Kanwil , secara aktif berpartisipasi dalam program pembinaan keterampilan tata boga, Sabtu (19/10/2024).

Program ini bertujuan membekali mereka dengan keterampilan praktis yang dapat dimanfaatkan setelah kembali ke masyarakat.

Dalam kegiatan ini, para warga binaan diajari berbagai teknik memasak, mulai dari membuat gorengan hingga kue dan makanan ringan lainnya. Selain itu, mereka juga diberi pemahaman tentang pentingnya memilih bahan makanan yang berkualitas, menyajikan makanan secara higienis, dan menjaga kebersihan dapur.

Kepala Kelas IIB Sampit, Meldy Putera, mengapresiasi partisipasi aktif para warga binaan dalam pelatihan ini.

“Saya sangat bangga melihat partisipasi aktif warga binaan wanita dalam kegiatan kemandirian di bidang tata boga. Kami mengajarkan berbagai teknik memasak, mulai dari gorengan hingga kue tradisional, dan juga menjelaskan pentingnya memilih bahan berkualitas serta menjaga kebersihan dapur. Hal ini penting agar mereka memahami tidak hanya cara memasak, tetapi juga aspek yang krusial dalam dunia ,” ujarnya.

Meldy juga menekankan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari komitmen untuk memberikan pembinaan terintegrasi yang dapat membantu warga binaan beradaptasi dengan kehidupan di luar lapas.

“Kami percaya bahwa dengan dukungan yang tepat, mereka akan mampu berkontribusi positif di masyarakat,” tambahnya.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kemandirian warga binaan, serta membuka peluang bagi mereka untuk memulai usaha kuliner atau mencari pekerjaan di bidang yang sama setelah menyelesaikan masa hukuman. (asp)