Wagub Kalteng Pimpin Upacara Hari Jadi ke-21 Kabupaten Murung Raya

WhatsApp Image 2023 08 01 at 9.29.46 PM

, – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Wagub ) H. Edy Pratowo memimpin Upacara Peringatan Hari Jadi ke-21 Kabupaten Murung Raya, di Stadion Dr. Willy M. Yoseph, Puruk Cahu, Selasa (1/8/2023).

Pada kesempatan itu, Wagub Kalteng menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Murung Raya beserta seluruh jajaran atas berbagai upaya, prestasi, dan capaian-capaian baik pembangunannya.

“Saya berpesan, segala capaian baik agar dipertahankan dan terus ditingkatkan. Kemudian, lakukan terus evaluasi dan langkah-langkah perbaikan terhadap berbagai kekurangan dan persoalan yang masih ada, seperti peningkatan konektivitas, pemerataan akses listrik ke desa/kelurahan, perluasan kesempatan kerja, dan lainnya,” ujarnya.

Adapun tema yang diusung pada Peringatan Hari Jadi Kabupaten Murung Raya pada tahun 2023, yaitu Kreatif dan Inovatif Membangun Literasi Masyarakat yang Berdaya Saing Menuju Murung Raya Emas 2030.

“Teruslah berinovasi untuk memajukan pembangunan daerah dan kualitas pelayanan publik, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Murung Raya khususnya, dan Provinsi Kalimantan Tengah umumnya,” tambah Wagub.

Wagub Edy berharap, tema itu juga mampu membangkitkan semangat untuk memperkuat kekompakan dan sinergi dalam memajukan pembangunan di segala bidang. Salah satu yang utama tentu adalah membangun Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan berkualitas, karena tantangan-tantangan ke depan pastinya akan semakin berat dan kompleks.

“Untuk itu, upaya percepatan penurunan yang sudah menjadi Isu Prioritas Nasional juga harus benar-benar mendapatkan perhatian serius, karena persoalan kurang gizi kronis pada anak ini akan berakibat buruk terhadap kualitas SDM generasi kita di masa depan,” imbuhnya.

Berdasarkan data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI), angka Prevalensi Stunting Kabupaten Murung Raya tahun 2022 sebesar 40,9 persen, jauh meningkat dibandingkan tahun 2021 yang di angka 31,8 persen, dan tertinggi se-Kalimantan Tengah.

“Hal ini perlu menjadi catatan untuk bekerja lebih keras lagi. Saya meminta Bupati dan seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Murung Raya, agar bekerja lebih sinergis lagi, bersama-sama berkolaborasi menurunkan stunting, terutama dengan mengoptimalkan peran Puskesmas dan Posyandu,” kata Wagub.

Ia juga mengingatkan untuk mewaspadai ancaman Hutan dan Lahan (), yang pada tahun 2023 ini potensinya meningkat dibandingkan kondisi 3 tahun terakhir, karena yang diperkirakan BMKG lebih ekstrem akibat El Nino.

“Seluruh jajaran Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, , instansi terkait, swasta, dan elemen masyarakat harus meningkatkan kesiapsiagaan untuk bersama-sama mencegah dan mengatasi Karhutla di Kalimantan Tengah,” pungkasnya. (asp)