Sosialisasi Pengawasan Pemilu Serentak 2024 oleh Bawaslu Mura

Whatsapp Image 2023 11 27 At 12.58.19 Pm

, PURUK CAHU – Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu Kabupaten , Kalimantan Tengah menggelar sosialisasi pengawasan Pemilu melalui media pada Pemilu serentak tahun 2024 yang dilaksanakan di Aula di Puruk Cahu, Rabu (15/11/2023).

Dalam sosialisasi itu, Bawaslu Murung Raya menghadirkan beberapa organisasi masyarakat (ormas) di daerah setempat, seperti GP Ansor, KNPI, , Pemuda Muhammadiyah, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) serta organisasi-organisasi lainnya.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Komisioner Bawaslu , Siti Wahidah dengan dihadiri Ketua Bawaslu Murung Raya Elides Jena, para anggota Bawaslu, Korsek Bawaslu Murung Raya Piterson, serta perwakilan dari Badan Kesatuan Bangsa dan Kabupaten Murung Raya.

“Kegiatan ini sebagai bentuk memperkuat sinergitas, terutama dalam hal pengawasan tahapan dan menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait tahapan Pemilu yang beberapa waktu lalu sudah melewati penetapan calon,” kata Siti saat membuka kegiatan.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Murung Raya, Elides Jena mengatakan tujuan kegiatan ini adalah menjalin sinergi dengan semua organisasi di Murung Raya dan diharapkan bisa membatu Bawaslu mengawasi jalannya Pemilu serentak di tahun 2024 mendatang.

“Karena teman-teman yang hadiri ini kami harapkan bisa menyampaikan dan mengedukasi kepada masyarakat terkait tahapan Pemilu maupun dalam hal pengawasan,” ucap Elides.

Selain itu, sosialisasi ini juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk bertanya dan berdiskusi mengenai pemilu, serta memberikan masukan dan saran kepada Bawaslu. Acara ini diharapkan dapat lebih meningkatkan keterlibatan dan kesadaran masyarakat dalam menjalankan hak suaranya serta turut menjaga keberlangsungan demokrasi di Kabupaten Murung Raya.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, peserta dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai pentingnya pengawasan pemilu dan bagaimana peran mereka dalam menjaga integritas pemilu,” tambah Elides.

Adapun dalam kegiatan ini sebagai narasumber di antaranya mantan Komisioner Edi Winarno dan Analis Kebijakan Politik di Kesbangpol Murung Raya, Aang Fatchurrochman. (tim)