Disdukcapil Mura Turun ke Kelurahan Hingga Desa Layani Urusan Identitas Masyarakat

, PURUK CAHU – Kartu (KK) sangat penting dan wajib dimiliki oleh setiap keluarga sebagai dokumen penting di dalam kependudukan keluarga.

Lebih lengkapnya, KK berisi data lengkap tentang identitas keluarga serta anggota keluarga yang memuat data tentang susunan hubungan keluarga, identitas keluarga, status keluarga, pekerjaan keluarga dan jumlah banyaknya anggota keluarga.

Sedangkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) baik itu e-KTP atau KTP elektronik, keduanya saling melengkapi. Dan setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah memenuhi ketentuan kepemilikan KTP harus membuat dan memiliki KTP tersebut. Hal ini merupakan aturan diwajibkan oleh peraturan yang berlaku. Untuk fungsi KTP memiliki berbagai fungsi, selain sebagai identitas resmi kependudukan seseorang.

Oleh karena itu, Pemerintah Daerah Mura melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil () Kabupaten Provinsi , dalam memberikan pelayanan terbaik dan prima kepada masyarakat di daerahnya dengan melakukan aksi jemput bola atau turun langsung ke lapangan dari Kelurahan sampai ke Desa, salah satunya di Kelurahan Saripoi Kecamatan Tanah Siang dengan mengambil tempat di Kantor Kelurahan Saripoi Kecamatan Tanah Siang hari ini, Selasa (30/1/2024) mulai pagi sampai dengan selesai.

“Terima kasih kepada Pemda Mura melalui Disdukcapil yang telah mengambil langkah proaktif turun ke lapangan, untuk memastikan bahwa warga masyarakat Mura khususnya warga masyarakat Kelurahan Saripoi memiliki data kependudukan yang sah. Karena di semua pelayanan publik data identitas keluarga dan diri mengharuskan ada dan lengkap,” ujar Sekretaris Lurah (Seklur) Saripoi, Rusmi, S.Sos mewakili Lurah Saripoi Kecamatan Tanah Siang.

Kegiatan seperti ini tidak hanya menciptakan kemudahan administratif, tetapi juga mencerminkan perhatian dan kepedulian Pemerintah melalui Disdukcapil terhadap semua warga masyarakat, tambah Seklur.

Di hari yang sama, saat ditanyakan Balanganews.com kepada salah satu Kelurahan Saripoi melalui pesan -nya terkait dengan banyaknya serta antusias warga yang datang pada saat Disdukcapil melakukan pelayanan, ia menjawab ada puluhan warga yang datang.

“Baik itu ingin melakukan perekaman e-KTP, mengurus Akte, cetak ulang atau mengganti e-KTP dan KK, validasi data serta mengurus keperluan administrasi kependudukan lainnya,” sampainya kepada Balanganews.com.

Intinya warga masyarakat sangat senang dan memberikan respon yang positif, terutama warga masyarakat lansia dan warga yang memiliki keterbatasan baik dari segi biaya serta sarana ke Puruk Cahu. (Sam)