ICMI Mura Bersama Kalangan Masyarakat Peringati Malam Nuzulul Qur’an

, – Tidak terasa, semenjak ditetapkan oleh Pemerintah Pusat yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Repuplik Indonesia (RI) melalui Sidang Isbat.

Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah atau Tahun 2024 Masehi, bulan yang penuh berkah bagi Umat Muslim tidak hanya di Indonesia saja, akan tetapi Umat Muslim di seluruh dunia telah memasuki hari ke – 17 Ramadhan hingga hari ini Kamis, (28/3/2024).

Meskipun memiliki perbedaan dengan Pemerintah dalam menentukan awal Puasa Ramadhan, lebih dahulu 1 (satu) hari.

Ada momen yang sangat istimewa dan hanya terjadi di bulan Ramadhan saja, yaitu Nuzulul Qur’an.

Maka karena itu, dalam mengisi dan menyambut momen atau waktu yang istimewa yang hanya terjadi pada saat bulan Ramadhan.

Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Organisasi Daerah (Orda) Kabupaten (Mura) Provinsi Kalimantan Tengah () bekerjasama dengan semua pihak dimulai dari Pemerintah Daerah (Pemda), Instansi, Lembaga, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta semua kalangan masyarakat di Kabupaten Mura secara khusus dan Kalteng pada umumnya. Dalam menyambut sekaligus memperingati malam Nuzulul Qur’an, mengajak masyarakat untuk memanfaatkan malam istimewa bagi seluruh Umat Muslim di seluruh dunia dengan memperbanyak amal ibadah kepada Allah SWT.

Mengingat banyak sekali keutamaan dan keistimewaan pada malam Nuzulul Qur’an tersebut.

Tambahan informasi, sebelum dimulainya kegiatan memperingati malam Nuzulul Qur’an tadi malam Rabu, (27/3/2024) yang mengambil tempat di Masjid Agung Al-Istiqlal Kota Puruk Cahu Jl. Jendral Sudirman.

Melalui Ketua Umum (Ketum) ICMI Orda Mura DR. Lukmanul Hakim., SE., M.AP., melalui pesan Whatsapp-nya saat ditanyakan Balanganews.com, sebelum pelaksanaan kegiatan tadi malam.

“Beserta seluruh masyarakat yang hadir dalam melaksanakan Kegiatan 1445 Hijriah, juga diawali dengan Khatam Al Qur’an 30 Juzz dilanjutkan dengan Buka Puasa Bersama, Sholat Magrib dan Sholat Isya berjamaah sekaligus Sholat Tarawih berjamaah yang dilanjutkan ke acara puncak malam Memperingati Malam Nuzulul Qur’an,” ungkapnya.

DR. Lukmanul Hakim.,SE., M.AP berharap, ICMI adalah rumah bersama bagi semua golongan dan kalangan yang mempunyai Visi dan Misi yang jelas dalam membangun Bangsa dan Negara, khususnya Kabupaten Mura yang lebih maju dan bermartabat.

“ICMI Mura adalah suatu wadah atau rumah bagi generasi Murung Raya ke depan, tempat yang nyaman dalam mengekspresikan dirinya, membentuk generasi yang unggul dan tangguh dalam menghadapi perubahan dan kemajuan jaman yang lebih kompleks dengan berbagai macam dinamikanya,” tutupnya. (Sam)