Pasar Murah Digelar Pemkab Mura di Kecamatan Tanah Siang

BALANGANEWS, – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Murung Raya (Mura) Provinsi Kalimantan Tengah () melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) kembali adakan kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang mengambil tempat di Kelurahan Saripoi Kecamatan Tanah Siang pada, Senin (1/4/2024).

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk perhatian dan upaya Pemerintah dalam menjalankan serta menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan.

Serta menekan laju daerah dan perhatian Pemerintah hadir untuk membantu meringankan beban masyarakat.

Pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Mura ini juga didukung oleh , Agen dan Distributor pangan serta pihak – pihak lainnya.

Atas sinergitas dan kolaborasi inilah sehingga terlaksananya Kegiatan Gerakan Pangan Murah yang dilaksanakan serentak di seluruh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Melalui Sekdis Ketahanan Pangan Kab. Mura, Indah Pariannoor mengatakan, dengan telah terbitnya Perpres 66 Tahun 2021 Tentang Badan Pangan dan Perkabadan Nomor 2 Tahun 22 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Pangan Nasional.

Bahwa pelaksanaan kegiatan dalam menentukan ketersediaan dan stabilisasi pangan menjadi salah satu kegiatan strategis di Badan Pangan Nasional dan Tata Kelola Pangan Secara Nasional.

“Kegiatan strategis GPM sangat penting untuk dilakukan dalam rangka mengendalikan inflasi tahun 2024 dan mengantisipasi serta menanggulangi kondisi gejolak yang ditimbulkan akibat situasi ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga pangan, baik di tingkat produsen maupun konsumen,” tutur pria ramah ini.

Dikatakannya lagi, Gerakan Pangan Murah ini selain Program Nasional juga telah menjadi Program Daerah untuk mewujudkan Kabupaten Murung Raya Bebas Inflasi dan Rawan Pangan.

Sementara itu di waktu dan tempat yang sama, Sekcam Tanah Siang, Ronaldy Kwitano, mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih dengan adanya Gerakan Pasar Murah ini. Ia berharap agar warga memanfaatkan momen – momen seperti ini sehingga warga bisa berbelanja untuk memenuhi kebutuhannya.

“Kami merasa gerakan pasar murah ini sangat membantu warga, apalagi pada saat ini menjelang Hari Raya Besar atau Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, sejumlah harga pangan merangkak naik. Terima kasih sudah menyediakan seperti ini,” ungkap Sekcam Tanah Siang

Tambahan informasi, untuk barang sembako yang dijual pada hari itu yakni beras, gula, telur, bawang merah, , kecap, teh serta sembako lainnya. (Sam)