Dr. Hermon: Melestarikan Budaya Lokal Melalui Festival Tira Tangka Balang

, PURUK CAHU – Dengan mengambil tempat di Lapangan Alun – Alun Jorih Jerah Kota Puruk Cahu, Kamis (2/5/2024) sore kemarin, Penjabat (Pj) Kepala Daerah Kabupaten Murung Raya (Mura) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Dr. Drs. Hermon, M.Si, secara resmi membuka acara Festival Tira Tangka Balang (TTB) Tahun 2024.

Melalui , pada Festival Budaya tahun ini, ada banyak perlombaan yang digelar meliputi Lomba Karungut, Lomba Mangenta, Lomba Bagasing, Lomba , , Lomba Memasak Masakan Tradisional Kalteng, Lomba Vocal Solo Lagu – Lagu Daerah, Lomba Lawang Sakepeng, , Lomba Balogo, Lomba Maneweng, Manetek Tuntang Manyila Kayu dan Lomba Tari – Tarian Daerah Pedalaman.

Dr. Hermon mengatakan, Kegiatan Festival Tira Tangka Balang merupakan kegiatan agenda tahunan yang dilakukan oleh Pemda Mura yang bertujuan untuk menjaga kelestarian Budaya lokal serta ajang memperkenalkan dan melestarikan nilai – nilai Budaya Daerah sesuai dengan potensi di Kabupaten Mura.

“Kita sangat bersyukur Acara Festival Tira Tangka Balang ini dapat kita tetap pelihara dan lestarikan sampai saat ini, sehingga anak cucu kita sebagai generasi penerus nantinya tidak akan kehilangan jati diri untuk mempertunjukan berbagai kesenian yang dilakukan masyarakat Dayak di Diskominfo SP Mura secara turun temurun,” ungkapnya.

Sementara itu masih di tempat yang sama, Ketua Panitia Kegiatan yang juga adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kadisdikbud Mura, Ferdinand Wijaya dalam laporannya menyebutkan peserta berjumlah sebanyak 408 orang dari 10 Kecamatan dan pelaksanaan lomba akan berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 2 sampai 4 Mei 2024.

“Juara 1, 2, dan 3 akan mendapatkan uang pembinaan dan tropi dan mereka ini juga nanti akan kita berangkatkan kembali untuk mewakili Mura dalam mengikuti (FBIM) di Kota , Provinsi Kalteng yang pelaksanaannya pada tanggal 17 s/d 18 Mei 2024,” ujar Ferdinand Wijaya. (Sam)