Dr. Hermon Pimpin Rapat Penyelesaian Permasalahan di Transmigrasi Bahitom

, – Pejabat (Pj) Kepala Daerah Kabupaten (Mura) Provinsi Kalimantan Tengah (), Dr. Drs. Hermon, M.Si bersama Pejabat (Pj) Sekretaris Daerah, Rudie Roy didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) dan Tenaga Kerja (Transnaker) Kabupaten Murung Raya (Mura) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Lily Evrina, S.Hut melaksanakan rapat Tentang Penyelesaian Transmigrasi di Wilayah Kabupaten Murung Raya (Mura) dengan mengambil tempat di Aula Gedung A Kantor Bupati Kab. Mura pada, Senin (22/7/2024) waktu setempat.

Hadir pada saat rapat dari berbagai pihak yakni Perwakilan Kantor KPHP, Badan Pertanahan Nasional (BPN), unsur Tripika Kec. Murung, Perwakilan Masyarakat dari Trans Bahitom serta seluruh sektor Pemerintah Desa dan Kelurahan Kecamatan Murung serta Perwakilan Kepala Dinas/Badan terkait.

Dr. Hermon mengimbau agar membentuk Tim Terpadu untuk percepatan penyelesaian kendala Transmigrasi di Trans Bahitom, Legalitas dan mengidentifikasi sesuai dengan klaster permasalahan.

“Terima kasih kesediaan seluruh tim dan jajaran untuk mengangkat kembali hal ini, kita lanjutkan sampai nanti ada penyelesaian final yang akan dilakukan,” sampainya.

Kembali ia mengatakan di hadapan undangan rapat yang hadir, Trans datang bukan karena keinginan sendiri akan tetapi Daerah yang mengundang Transmigrasi. Daerah yang mengundang mereka melalui Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, jadi karena itu kewajiban Daerah untuk bertanggung jawab atas hak yang harus mereka dapat yaitu lahan pekarangan dan usaha,” kembali Dr. Hermon menyampaikan.

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 62 Tahun 2003 Tentang Percepatan Reforma adalah salah satu peluang untuk terus menyelesaikan tanah yang berada di dalam Kawasan Hutan atau PPTKH, Program dan Pendaftaran Sistem Lengkap (PPSL) itu salah satunya yang mungkin menjadi peluang untuk menyelesaikan permasalahan yang sekarang terjadi untuk area Kawasan Transmigrasi yang ada di Kabupaten Murung Raya (Mura), sebagaimana disampaikan oleh Tim Teknis dalam paparannya. (Sam)