Pj. Bupati Mura Resmikan Kegiatan Peluncuran Pekan Imunisasi Nasional Tahun 2024

, PURUK CAHU – Upaya mensukseskan Pekan Imunisasi (PIN) Polio, Pejabat (Pj) Kepala Daerah Kabupaten (Mura) Provinsi Kalimantan Tengah (), Dr. Drs. Hermon, M.Si menghadiri sekaligus meresmikan Kegiatan Peluncuran Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tingkat Kabupaten Murung Raya (Mura) Tahun 2024 yang mengambil tempat di Aula Gedung TP – PKK Kabupaten Murung Raya (Mura) pada, Senin (22/7/2024) waktu setempat.

Hadir dalam Kegiatan Peluncuran Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Kabupaten Murung Raya (Mura) Tahun 2024 dari Unsur , Kepala Perangkat Daerah, Kepala Kantor Kab. Mura, Tokoh Agama serta perwakilan masyarakat.

Dr. Hermon dalam sambutannya menyampaikan, untuk diketahui bahwa kesehatan itu adalah salah satu bagian di dalam indeks pembangunan manusia yang terdiri dari kesehatan, dan kesejahteraan.

“Pada saat ini kita sedang menghadapi situasi ancaman KLB (Kejadian Luar Biasa) yang dilaporkan terjadi di 7 (Tujuh) Wilayah Provinsi yaitu, Prov. Aceh, Prov. Jawa Barat (Jabar), Prov. Jawa Tengah (Jateng), Prov. Jawa Timur (Jatim), Prov. Tengah dan Prov. Papua Pegunungan serta terdapat 32 Provinsi dengan 399 Kabupaten/Kota yang memiliki risiko tinggi Polio semenjak akhir tahun 2022 hingga saat ini. Kemungkinan ini akan meluas jika tidak dilakukan tindakan sama sekali,” ungkapnya.

Kembali ia juga menambahkan, bagaimana meninggalkan legacy artinya ketika berada di Dinas Kesehatan (Dinkes) mari kita optimalkan generasi – generasi yang akan membangun Murung Raya (Mura) ini adalah generasi yang siap, jangan sampai nanti karena ketidakmaksimalan kita meninggalkan ruang – ruang yang nanti akan menjadi kelemahan bagi generasi ke depan baik itu Polio, Stunting atau hal-hal lain yang berkaitan dengan imunisasi lainnya.

“Mari bersama kita mensukseskan Pekan Imunisasi Nasional Polio di Kabupaten Murung Raya (Mura). Bawa anak – anak kita agar diberikan imunisasi, mari berkerja bersama agar kita dapat menyelesaikan permasalahan kesehatan ini,” tutup Dr. Hermon.

Sementara itu masih di tempat dan waktu yang sama, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Murung Raya (Mura) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), dr. Suwirman pada saat menyampaikan laporannya, Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Kab. Mura ini rencananya akan dilaksanakan mulai hari ini sampai dengan tanggal 29 Juli 2024.

Untuk sasaran usia mulai dari 0 – 7 Tahun, Kab. Mura mendapat jatah sebanyak 15.307 anak dari 116 Desa 9 Kelurahan dari 10 Kecamatan yang berada di Wilayah kerja 15 Puskesmas Se – Kab. Mura. (Sam)