Hadiri Peringatan Hari Jadi Mura ke-22, Sekda Kalteng Sampaikan Ini

Sekda Provinsi Kalteng, H. Nuryakin, saat menghadiri upacara Peringatan Hari Jadi ke-22 Kabupaten Murung Raya. (Foto: MMC Kalteng)

BALANGANEWS, – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (), , menghadiri peringatan Hari Jadi ke-22 Kabupaten Murung Raya (Mura), di Halaman Kantor Bupati setempat, Kamis (1/8/2024).

Nuryakin menyampaikan apresiasi atas keberhasilan Pemkab Mura memperoleh penghargaan Kabupaten/Kota (terinovatif) pada Penilaian Kinerja Delapan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting 2024 Se-Kalteng.

“Saya berharap hal ini dapat semakin memacu upaya penurunan stunting di Kabupaten Murung Raya,” katanya.

Pada kesempatan itu, Sekda juga mengajak masyarakat Mura untuk ikut menyukseskan Serentak 2024, dengan berpartisipasi aktif menggunakan hak pilih dan menjaga kerukunan, keamanan, dan keharmonisan di tengah masyarakat.

“Mari kita kawal Pilkada agar berlangsung dengan baik dan demokratis, Pilkada yang damai dan sejuk, tanpa dan ujaran-,” ajaknya.

Sementara itu, Pejabat Bupati Murung Raya, Hermon, menuturkan Peringatan Hari Jadi ke-22 Kabupaten Mura tahun 2024 ini mengusung tema Menuju Murung Raya Maju, Sejahtera, Mandiri dan Pilkada Yang Demokratis.

“Tema ini menyiratkan semangat dan harapan kita ke depan untuk bergerak maju menciptakan kemakmuran dan kemandirian dengan cara memperkuat kekompakan dan kebersamaan dalam membangun Kabupaten Murung Raya EMAS (Elok, Mandiri, Aman, dan Sejahtera) serta menciptakan Pilkada yang demokratis dengan menganut prinsip yang bebas, terbuka, adil, jujur dan kompetitif,” jelasnya.

Hermon menambahkan, peringatan Hari Jadi ke-22 Kabupaten Murung Raya ini juga dirangkaikan dengan kegiatan Launching Mura Chocolate, yang merupakan produk coklat dengan bahan baku biji dari wilayah Kabupaten Mura.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah mendorong masyarakat agar dapat memanfaatkan lahan kosong untuk menanam tanaman yang dapat menghasilkan bahan baku biji kakao, sehingga dapat diolah menjadi coklat,” tandasnya. (asp)