DPRD Palangka Raya Tekankan Pentingnya Peran Posyandu dalam Kesehatan Ibu dan Anak

Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Hasan Busyairi (ist)

, PALANGKA RAYA – Posyandu memiliki peran penting dalam mencegah peningkatan angka kematian ibu dan , baik saat , persalinan, maupun setelahnya, melalui pemberdayaan masyarakat.

Ketua Komisi C Kota Palangka Raya, Hasan Busyairi, menekankan bahwa keberadaan Posyandu tidak boleh diabaikan.

“Peran Posyandu tidak bisa disepelekan. Pengaruhnya sangat besar karena petugas Posyandu lah yang mengetahui masyarakat di suatu wilayah,” ujarnya, Kamis (1/8/2024).

Hasan menegaskan bahwa masyarakat sangat mengandalkan Posyandu sebagai sarana konsultasi kesehatan balita, edukasi bagi dan , serta pasangan usia subur. Menurutnya, keberadaan Posyandu sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Kader posyandu secara langsung membantu pemerintah untuk mengkaji lebih dalam, mengecek kesehatan secara rutin, dan menekan angka stunting di berbagai wilayah,” terangnya.

Oleh karena itu, politisi dari Partai ini meminta pihak eksekutif untuk memberikan dukungan penuh melalui pembinaan dan penyediaan fasilitas maksimal kepada kader Posyandu.

Dengan adanya dukungan ini, Hasan yakin akan memberikan semangat tambahan bagi para kader Posyandu untuk memaksimalkan peran mereka dalam upaya menekan angka stunting di Kota Palangka Raya.

“Karena memang tanpa adanya dukungan dari pemerintah, membuat pergerakan para kader posyandu menjadi terbatas,” jelasnya.

Dengan dukungan yang tepat, Posyandu diharapkan dapat terus menjadi garda terdepan dalam menjaga kesehatan ibu dan anak di Kota Palangka Raya. (asp)