Atlet Panjat Tebing Kalteng Siap Tampil Habis-Habisan di PON Aceh-Sumut

BALANGANEWS, ACEH – Dua atlet dari Kalimantan Tengah (), Alberto Agustin yang akrab disapa Bolang dan Youngme, siap tampil habis-habisan untuk meraih medali di Pekan (PON) XXI/2024.

Kedua atlet ini akan bersaing di nomor Speed WR, yang berlangsung di Komplek Stadion Harapan Bangsa (SHB), Aceh, Kamis (5/9/2024).

Youngme, yang akan turun di nomor Speed WR Putri, menyatakan bahwa PON kali ini merupakan ajang pembuktian bagi dirinya sebagai atlet putri asal Sukamara.

“Ini PON pertama saya, tapi bicara prestasi tidak kalah dengan atlet luar. Saya juara pertama di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Aeger di Bandung 2024,” jelas Youngme.

Selain persiapan mandiri, tim panjat tebing Kalimantan Tengah telah melakukan Pemusatan Latihan Provinsi (Pelatprov) di Jakarta bersama atlet-atlet dari DKI Jakarta dan daerah lainnya.

“Kami sudah saling mengenal satu sama lain karena sering latihan bersama. Tinggal soal keberuntungan saja, siapa yang paling hoki,” tambah Youngme.

Sementara itu, Alberto Agustin atau Bolang, yang akan berlaga di nomor Speed WR Putra, bertekad untuk membalas kekalahan di pada 2021.

“Pada PON sebelumnya, saya sudah sampai semifinal, tetapi belum beruntung karena harus menghadapi pemanjat nasional dan kalah. /2024 ini adalah pembuktian bahwa kita bisa jadi juara. Saya sudah menunggu momen ini sangat lama,” ungkap Bolang.

Official tim panjat tebing Kalimantan Tengah, Juni Darmansyah, menyatakan bahwa persiapan tim untuk PON XXI/2024 sudah maksimal.

“Pelatprov yang dilakukan oleh Pengurus Provinsi Federasi Panjat Tebing Indonesia () Kalteng sangat intensif, dengan program harian yang mencakup jogging, gym, dan latihan panjat tebing sebagai kegiatan keseharian,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa peningkatan fisik, stamina, dan mental juga menjadi fokus utama, terutama dalam hal kecepatan.

“Semoga PON XXI/2024 Aceh-Sumut ini menjadi bagi kami dan dapat menyumbangkan medali untuk Kalimantan Tengah,” harap Juni Darmansyah.

Selama empat bulan terakhir, dua atlet ini telah berlatih di Jakarta bersama para atlet DKI Jakarta untuk meningkatkan jam terbang dan kesiapan mereka menghadapi kompetisi tingkat nasional. (asp)