Tim Dayung Putri Kalteng Raih Perak di Nomor TBR 200 Meter

, ACEH – Tim dayung putri Kalimantan Tengah kembali menorehkan prestasi dengan meraih medali perak di nomor perahu naga jarak 200 meter pada Pekan Olahraga Nasional () XXI/2024 di Aceh-Sumatera Utara.

Dalam perlombaan yang berlangsung di Waduk Keuliling, Banda Aceh, Senin sore (16/9/2024), Grescylia Amazha dan kawan-kawan berhasil finis di posisi kedua.

Pada babak final A yang diikuti enam daerah, yakni Jawa Barat, Kalimantan Tengah, , Barat, , dan Aceh, tim dayung putri mencatatkan waktu 00:50.805 detik. Medali emas diraih oleh tim putri Jawa Barat dengan catatan waktu 00:50.30 detik, sedangkan perunggu diraih oleh tim DKI Jakarta dengan waktu finis 00:51.135 detik.

Ini merupakan medali perak kedua yang diraih oleh tim setelah sebelumnya berhasil menyabet medali perak di nomor perahu naga jarak 500 meter pada Minggu sore (15/9/2024).

Koordinator pelatih dayung Kalteng, Musan, mengapresiasi perjuangan keras para atlet.

“Ini hasil yang sangat maksimal, mengingat kondisi di lapangan cukup sulit, terutama saat angin kencang yang membuat perahu sulit dikendalikan,” kata Subandi.

Ia menjelaskan bahwa tim putri berupaya keras menstabilkan perahu agar tetap pada lintasan yang tepat saat berlomba.

“Dua medali perak ini menjadi penyemangat bagi tim untuk tampil lebih baik di nomor berikutnya, yakni perahu naga mix dengan 22 pendayung,” ungkapnya.

Berbicara mengenai tim putra, Subandi menilai peluang mereka sebenarnya cukup besar, namun tim lawan tampil lebih baik. “Tim putra selalu masuk final A di nomor yang kita unggulkan, namun di babak final mereka kalah cepat,” ujarnya.

Subandi menambahkan, pihaknya akan mengevaluasi hasil keseluruhan PON XXI/2024 setelah seluruh pertandingan selesai. Menurutnya, beberapa peluang yang seharusnya bisa mendatangkan medali emas justru meleset dari target.

“Kami akan melihat kembali apa yang bisa ditingkatkan, terutama untuk menghadapi kompetisi selanjutnya,” tutup Subandi. (asp)