Mukhtarudin Kembali Maju DPR RI Dapil Kalteng

WhatsApp Image 2023 06 22 at 1.24.16 PM
Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Kalimantan Tengah, H. Mukhtarudin

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Anggota Komisi VII DPR RI periode 2019-2024, H. menegaskan bahwa dirinya kembali akan maju sebagai Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Tengah (Kalteng) pada 2024 mendatang.

“Mohon doa restu serta dukungan seluruh rakyat Kalimantan Tengah untuk saya kembali maju sebagai calon anggota legislatif DPR RI dari Partai Golongan Karya, daerah pemilihan Provinsi Kalimantan Tengah,” ucapnya, Kamis (22/6/2023).

WhatsApp Image 2023 06 22 at 2.03.33 PM

Mukhtarudin menjelaskan, kenapa ia ingin kembali maju sebagai Anggota DPR RI, karena menghadapi tantangan yang semakin berat di 2024, terlebih IKN nantinya ada di Kalimantan Timur. Sehingga diperlukan kiprah tokoh atau putera daerah untuk bisa menyuarakan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat Kalimantan Tengah di level nasional.

“Karena yang bisa merasakan secara mendalam apa keinginan dan aspirasi masyarakat daerah adalah orang daerah itu sendiri,” ujarnya.

Mukhtarudin membeberkan, saat ini ada 3 problem besar yang di hadapi oleh Indonesia. Yakni pertama adalah perang dagang antara Indonesia dan Uni Eropa terkait penolakan nikel mentah oleh Indonesia yang di balas dengan larangan impor produk hasil deforestasi hutan yakni minyak sawit dan turunannya oleh Uni Eropa.

Kedua terkait kekhawatiran Presiden untuk Indonesia agar bisa keluar dari jebakan negara berpenghasilan menengah (middle income trap) pada tahun 2030, di saat Indonesia masih mengalami bonus demografi yang bisa memacu pertumbuhan ekonomi namun akan berakhir di tahun 2036. Dan Ketiga terkait kelanjutan pembangunan infrastruktur proyek strategis nasional pasca perhelatan Pilpres dan Pileg di tahun 2024.

Untuk menjawab 3 problem tersebut jelas Mukhtarudin, bisa menggunakan 3 strategi utama, Pertama adalah penguatan kemampuan dan keahlian sumber daya manusia masyarakat Kalimantan Tengah melalui peningkatan kualitas dan memperbanyak pelatihan untuk kemampuan teknis serta terampil agar nilai indeks pembangunan manusia (IPM) Kalimantan Tengah berdaya saing tinggi.

Kedua adalah penguatan produk turunan hasil perkebunan seperti mentega, sabun, minyak goreng dan produk turunan kelapa sawit lainnya agar produk kelapa sawit memiliki diversifikasi tujuan pasar, utama nya adalah pasar dalam negeri dan kawasan Asia agar tidak terpengaruh hambatan ekspor dari Uni Eropa, apalagi Kalimantan Tengah saat ini adalah provinsi terbesar ke dua dalam produksi produk kelapa sawit.

Ketiga adalah penguatan regulasi dan dukungan pembiayaan baik itu melalui skema APBN maupun swasta untuk membangun IKN Nusantara yang tentu nya pasti berefek bagi pertumbuhan sosial ekonomi masyarakat Kalimantan Tengah.

“Oleh karena itu saya Drs. H. Mukhtarudin putera daerah Kalimantan Tengah menyatakan diri siap bersedia untuk menjawab setiap tantangan dan peluang yang dihadapi oleh masyarakat, bagi saya berpolitik adalah panggilan pengabdian dan berjuang untuk rakyat adalah sebuah kewajiban,” pungkasnya. (asp)