36 Pengendara Tewas Selama Januari-Juni 2023

431
Personel Satlantas ketika mendatangi lokasi kecelakaan maut beberapa waktu lalu

, – Human error atau kelalaian dari pengendara masih menjadi faktor dominan penyebab di Palangka Raya. Dari Januari hingga Juni 2023 tercatat sebanyak 36 korban jiwa tewas akibat kecelakaan.

Kasat Lantas , AKP Salahiddin, melalui Kasubnit Gakkum, Aipda Indriyatno mengatakan sepanjang Januari hingga Juni 2023, telah terjadi 130 kasus kecelakaan .

WhatsApp Image 2023 06 22 at 2.03.33 PM

Dari jumlah kasus tersebut, sebanyak 36 korban meninggal dunia, diiringi 43 korban luka berat dan 127 korban mengalami luka ringan.

“Kelalaian pengendara masih menjadi faktor utama terjadinya kecelakaan,” katanya, Jumat (23/6/2023).

Kelalaian yang dimaksud seperti tidak memperhatikan kondisi arus lalu lintas di depannya ketika hendak menyalip. Lalu tidak menggunakan helm hingga melanggar rambu lalu lintas.

“Daerah rawan kecelakaan sepanjang dan juga Jalan Mahir Mahar,” jelasnya.

Untuk itu lanjut Aipda Indriyatno mengimbau seluruh masyarakat pengguna jalan, agar dapat selalu waspada pada saat beraktivitas mengendarai kendaraan di jalan raya.

“Patuhi batas kecepatan berkendara, taati peraturan lalulintas di jalan raya saat berlalulintas utamakan keselamatan diri dan pengguna jalan lain. Ingat ada yang menunggu di rumah,” pungkasnya. (yud)