Dewan Sayangkan Ada Pengemis di Pasar Ramadan Jalan Ais Nasution

7a55977e 0756 4e0c 85e1 8e36c94e7405
Wakil Ketua I DPRD Palangka Raya, Wahid Yusuf

, PALANGKA RAYA – Wakil Ketua I Palangka Raya, Wahid Yusuf menyayangkan adanya aktivitas pengemis di , khususnya di Jalan Ais Nasution, , .

“Kepada penyelenggara atau panitia pasar wadai minta tolong agar segera melakukan penertiban aktivitas pengemis ini. Karena saya jujur lebih mendukung -pedagang kecil meskipun dagangannya sedikit tapi tetap berusaha daripada pengemis yang pemalas itu,” katanya, Rabu (5/4/2023).

Menurutnya, orang-orang yang memilih menjadi pengemis tidak selalu karena keadaan kondisi fisik, namun ada juga yang masih sehat dan kuat. Pengemis yang seperti itu kata dia, harus ditertibkan supaya tidak mengganggu aktivitas dan kenyamanan masyarakat.

“Pengemis itu kebanyakan ya karena malas saja, kalau mau berusaha sebenarnya selalu ada jalan. Saya lebih mendukung dan menghormati pedagang kecil walaupun dia jualan sedikit atau jualan koran saja daripada pengemis yang masih sehat itu,” ujarnya.

Politisi itu kemudian meminta kepada agar bertindak melakukan penertiban bersama dinas terkait lainnya. Khususnya bagi pengemis yang masih sehat secara jasmani.

Pasalnya, penertiban Gelandangan dan Pengemis (Gepeng) sudah menjadi keharusan yang tertuang dalam Perda Kota Palangka Raya Nomor 9 Tahun 2012.

“Bukan saya tidak memahami kondisinya, tapi untuk yang masih sehat jasmani itu Satpol PP harus melakukan penertiban. Karena terkadang saya lihat yang mengemis itu di kantong celananya ada rokok, artinya dia masih bisa beli rokok dari hasil meminta-minta. (oje)