TPID dan Satgas Pangan Terus Bergerak Kendalikan Inflasi di Kalteng

WhatsApp Image 2023 06 26 at 7.11.02 PM
Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setda Provinsi Kalteng, Leonard S. Ampung

, Kalteng melalui Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setda Provinsi Kalteng, Leonard S. Ampung menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Tahun 2023 secara virtual dari Ruang Rapat Bajakah, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (26/6/2023).

Usai menghadiri rapat, Leonard mengatakan, menyatakan inflasi di Kalteng masih terjaga, namun ada satu daerah yang IPH nya masih dipantau yakni Kabupaten .

ADE S

“Di Kabupaten Seruyan ada kenaikan IPH signifikan untuk ras, telur ayam ras, dan udang basah. Kita harapkan kenaikan ini bisa kita pantau terus, kita akan menyurati ke sana untuk tahu kendalanya apa, dan akan kita intervensi,” ungkapnya.

Leo menyebut, menghadapi Hari Raya 1444 Hijriah, inflasi di Kalteng masih aman terkendali.

“Semua stok dan barang-barang yang diperlukan juga masih tersedia, tidak ada kenaikan harga signifikan. Kita harapkan minggu-minggu selanjutnya inflasi ini masih terjaga dengan baik, dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) serta Satgas bisa terus bergerak sesuai dengan roadmap yang sudah ada,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri, Suhajar Diantoro saat memimpin rapat tersebut mengatakan, saat ini di seluruh dunia masih mengalami resesi, terutama di sektor pangan.

“Inflasi Indonesia peringkat 130 dari 186 negara di dunia, itu artinya Indonesia adalah negara yang sangat stabil pengendalian inflasinya,” ucapnya.

Menurut Suhajar Diantoro, dibandingkan dengan negara-negara lain, Indonesia masih berada di posisi yang lebih baik.

“Presiden mengakui ini merupakan hasil kerja keras kita semua, salah satunya Rakor mingguan yang kita laksanakan ini,” pungkasnya. (asp)