Jelang Idul Adha, Dewan Imbau Pergerakan Hewan Kurban Dipantau

621db4df 6f9e 42f9 ba5e e006a346d384
Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siswandi

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Wakil Ketua Komisi III , Siswandi mengimbau kepada Pemerintah Daerah melalui instansi terkait agar memantau pergerakan untuk mencegah terjadi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Kita imbau kepada pemerintah terkait, khususnya dinas peternakan agar bisa memantau sapi-sapi kurban agar bisa sapi-sapi kurban terutama dari tempat pengepul untuk dipantau agar terhindar dari pada penyakit PMK,” katanya, baru-baru ini.

ADE S

Legislator dari fraksi ini menuturkan, pengawasan pergerakan hewan kurban dari luar pulau perlu diprioritaskan. Karena, kebanyakan hewan kurban di Kalteng didatangkan dari luar pulau.

“Kita mengimbau kepada masyarakat agar tetap memperhatikan kebersihan pada saat pelaksanaan hewan kurban,” pesan Siswandi.

Selain itu, Wakil Rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten , Barito Timur, , dan ini mengharapkan, agar pada pembagian daging kurban bisa mengurangi penggunaan plastik.

“Kalau ada kerajinan yang menggantikan plastik itu saya rasa lebih baik lagi. Dan ini menjadi PR untuk UMKM untuk mengatasi dan mengurangi penggunaan plastik. Karena plastik inikan susah terurai juga,” pungkasnya. (asp)