BBPOM Palangka Raya Intervensi 9 Sekolah di Pulpis untuk Program KKPS

1617

, di Palangka Raya menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Keamanan untuk Kader Keamanan Pangan Sekolah (KKPS) terhadap 9 sekolah yang diintervensi di Kabupaten , Selasa (4/7/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kabupaten Pulang Pisau ini diikuti oleh 18 calon Kader Keamanan Pangan Sekolah dari 9 sekolah di Kabupaten Pulang Pisau.

ADE S

Ketua Tim Kerja BBPOM di Palangka Raya, Wiwik Wiranti menjelaskan, kegiatan ini digelar dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman komunitas sekolah untuk mewujudkan kemandirian sekolah dalam melindungi diri dari peredaran Pangan dan Jajanan Anak yang tidak aman dan bermutu.

“Kegiatan Bimtek Kader Keamanan Pangan Sekolah diawali dengan pengisian pre-test dan Kuesioner Pengetahuan, Sikap dan Perilaku oleh Calon Kader Keamanan Pangan Sekolah sebelum intervensi,” jelasnya.

Wiwik menyebutkan, sebanyak 8 materi disampaikan pada kegiatan Bimtek ini, seperti Kebijakan Keamanan Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah, 5 Kunci Mengelola Pangan Aman, Tips Mencegah Stunting, dan Peran Kader dalam Intervensi Keamanan Pangan di Sekolah, Seimbang untuk SDM unggul, Tips mencegah , dan Tips Pastikan Tangan Selalu Bersih.

Kegiatan di akhiri dengan post-test dan penyerahan Sertifikat Bimtek serta Rompi Kader untuk mendukung kegiatan intervensi keamanan pangan di sekolah masing-masing.

Wiwik mengharapkan, melalui kegiatan ini Komunitas sekolah dapat memiliki pengetahuan dan pemahaman terhadap keamanan pangan, termasuk kaitannya dengan prinsip-prinsip keamanan pangan yang dapat diterapkan di sekolah.

“Seluruh peserta siap menjadi ujung tombak dalam Penerapan Keamanan Pangan di komunitas sekolahnya masing-masing setelah secara resmi diangkat menjadi Kader Keamanan Pangan Sekolah dan siap bekerjasama dengan BBPOM di Palangka Raya untuk melakukan intervensi keamanan pangan secara berkelanjutan,” tandasnya. (asp)