Gernas BBI dan BBWI, Wujud Kecintaan Produk dan Wisata Dalam Negeri

ebf7f02f fa04 4e1b 8b24 1f545f2d4a3e
Pemukulan Katambung dari Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduk menjadi tanda dimulainya seluruh rangkaian Gernas BBI dan BBWI tahun 2023 di Kalteng

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia () dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) dalam rangka meningkatkan kecintaan terhadap produk dan dalam negeri, resmi digelar di Kalteng yang dipusatkan di Kota Palangka Raya tepatnya di GPU Tambun Bungai dan Stadion Sanaman Mantikei, Jumat (14/7/2023).

Pelabuhan katambung dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduk, Bank Indonesia Perry Warjiyo, dan pejabat lainnya menjadi tanda dimulainya seluruh rangkaian kegiatan BBI dan BBWI dari tanggal 13-16 Juli 2023.

ADE S

sudah menumbuhkan dan melahirkan banyak kemajuan semangat. Bukan hanya semangat Pemerintah untuk membelanjakan 40 persen /APBD, tapi masyarakat juga sudah mulai tumbuh kecintaan untuk membeli dan mengkonsumsi produk dalam negeri/produk ,” kata Teten.

Menurut Teten, Indonesia memiliki produk wastra dan kuliner yang bagus dan beragam. Namun, di saat yang bersamaan juga perlu ditingkatkan kualitas lapangan pekerjaan, karena 97 persen lapangan kerja disediakan oleh usaha mikro.

“Presiden juga minta agar kita segera melakukan hilirisasi. Ini penting agar kedepan Indonesia dapat tumbuh kuat,” imbuhnya.

Teten menambahkan, bahwa pihaknya optimis ke depan ekonomi di Indonesia terkhusus Kalimantan Tengah akan semakin kuat. Ia berharap agar seluruh pihak baik pemerintah daerah, perbankan, dunia usaha, dan masyarakat dapat saling bersinergi mendukung setiap program pemerintah.

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menambahkan, ekonomi kerakyatan harus di terus didukung. Kekuatan untuk berinovasi dapat memajukan ekonomi rakyat dan ekonomi bangsa.

“Kita harus menguatkan sinergi menjadi kekuatan rakyat dan kekuatan bangsa, dalam membangun negara ini. Mari bersama-sama cintai produk dalam negeri, mari berwisata dalam negeri,” ajak Perry.

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Edy Pratowo saat membacakan sambutan Gubernur Sugianto Sabran mengatakan, semenjak pandemi -19 kegiatan-kegiatan perekonomian mengalami kendala dan penurunan.

“Gernas BBI dan BBWI ini kami harapkan dapat membangkitkan perekonomian di Kalimantan Tengah. Kami juga berharap dukungan semuanya dari Kementerian dan Lembaga terkait untuk mempromosikan Kalimantan Tengah,” harapnya. (asp)