Pemprov Kalteng Segera Laksanakan RAKORDA dan Kick Off Daerah P3PD

WhatsApp Image 2023 07 16 at 3.17.13 PM

, PALANGKA RAYA – Pemprov Kalteng melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan () setempat mengikuti Rakornas Kick Off Pelaksanaan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa () Tahun 2023, di Hotel Grand Sahid Jakarta, Selasa (11/7/2023).

Kegiatan Rakornas dibuka oleh Menteri Dalam Negeri () Muhammad Tito Karnavian. Hadir delegasi P3PD Provinsi Kalteng mewakili Kepala Bappedalitbang Provinsi Kalteng, Kepala Bidang Sosial, Budaya dan Pemerintahan Bappedalitbang, Chandra Fuji Asmara.

Mendagri dalam sambutannya mengajak masyarakat untuk bersama memperkuat desa agar terjadi percepatan pembangunan dan mencegah terjadinya fenomena urbanisasi.

ADE S

“Desa harus menjadi sentra-sentra ekonomi yang baru, tidak hanya mengandalkan kota. Meskipun saat ini penduduk kota kita menurut data Dukcapil sudah mulai lebih banyak di kota daripada di desa, lebih kurang 51-52 persen di kota, tapi masih 40-an persen, 48-49 persen ada di desa, itu kondisi sekarang,” katanya.

Mendagri mengungkapkan, berkaca pada negara Jepang dan Korea Selatan, dua negara ini sebagian besar penduduknya meninggalkan desa dan pergi ke kota. Jepang misalnya, sebagian besar warganya berbondong-bondong pergi ke Tokyo, Kyoto, dan Osaka; sementara di Korea Selatan terkonsentrasi di Seoul dan Busan. Padahal kota-kota besar tersebut memiliki yang kompetitif.

“Mereka harus survive di kota, dengan segala glamor di kotanya. Iklim yang kompetitif membuat mereka fokus pada pendidikan, pekerjaan, dan berusaha untuk mendapatkan penghasilan yang baik, akibatnya yang terjadi stres, angka kasus tinggi. Kedua mereka juga terlambat untuk menikah, bahkan ada yang mau tidak menikah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Sosial, Budaya dan Pemerintahan Bappedalitbang Provinsi Kalteng, Chandra Fuji Asmara mengatakan, menyambut baik dan berkomitmen untuk segera menindaklanjuti hasil-hasil Rakornas dan Kick Off P3PD secara .

“Bersama-sama dengan Bappedalitbang, Dinas PMD Provinsi dan tujuh Kabupaten Lokus P3PD Tahun 2023 segera melaksanakan RAKORDA dan Kick Off Daerah P3PD pasca Rakornas di Jakarta. Kegiatan tersebut akan didukung oleh Tim Pendukung P3PD Provinsi Kalteng yaitu Regional Management Consultan (RMC-V) Prov. Kalteng,” tuturnya.

Chandra menambahkan, agenda daerah dalam waktu dekat pasca Rakornas dan Kick Off Nasional untuk persiapan Rakorda dan Kick Off P3PD Provinsi Kalteng adalah identifikasi yang akan masuk dalam Sekber (Sekretariat Bersama) atau PPIU (Provincial Program Implementing Unit).

“Untuk itu nanti Koordinatornya adalah Bappedalitbang kemudian Ketua Harian dari Dinas PMD Prov. Kalteng dengan anggota-1 adalah TKPP (Kemiskinan daerah), Satgas Stanting, APIP (Inspektorat) Provinsi, BPKP, Dinas Kominfo, Perguruan Tinggi. Adapun pembentukan dan launching Tim PPIU Sekber oleh Gubernur yakni melalui SK Penyusunan Rencana Kerja Sekber P3PD,” tukasnya. (asp)