World Environment Day, BBPOM Palangka Raya Tanam 197 Tanaman Obat

WhatsApp Image 2023 07 17 at 12.09.27 PM

, – Dalam rangka memperingati Hari Hidup Sedunia atau Environment Day, Balai Besar POM di Palangka Raya mengikuti Gerakan Menanam 10.000 Tanaman Obat Serentak Seluruh Indonesia, Minggu (16/7/2023).

Kepala Balai Besar POM di Palangka Raya, Safriansyah menjelaskan, tujuan peringatan ini dalam rangka menambah rasa tanggung jawab dalam mencegah kerusakan ekosistem atau lingkungan demi keberlangsungan dan kelestarian makhluk hidup di muka bumi.

“Upaya apapun walau kecil merupakan wujud nyata untuk berpartisipasi mencegah kerusakan lingkungan yang terjadi. Tema besar dalam peringatan WED tahun 2023 adalah Solutions to Plastic Pollution atau Solusi-solusi bagi Polusi Plastik,” jelasnya.

ADE S

Safriansyah membeberkan, salah satu upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan yaitu penghijauan di kawasan sekitar agar perubahan iklim yang ekstrem akan bisa dicegah.

“Oleh karena itu Badan POM turut serta peduli dan mengambil langkah untuk menjaga kelestarian lingkungan melalui kegiatan dengan tema Dukungan Badan POM Melalui Gerakan Menanam 10.000 Tanaman Obat Serentak Seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Ia menuturkan, kegiatan ini dilaksanakan serentak di Badan POM dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Besar/Balai/Loka di seluruh Indonesia pada 16 Juli 2023 yang salah satunya adalah Balai Besar POM di Palangka Raya.

“Gerakan menanam tanaman obat ini berhasil menanam 11.055 tanaman dan 197 diantaranya ditanam oleh Balai Besar POM di Palangka Raya bersama mitra kerja dan lintas sektor. Dari 197 pohon tanaman tersebut selain ditanam di lingkungan kantor , juga di sarana pelayanan kefarmasian (Apotek), sebagai bagian untuk penghijauan dan keindahan Kota Palangka Raya, serta memperkenalkan tanaman obat kepada masyarakat,” tandasnya.

Hadir pada acara ini Rektor Universitas Palangka Raya () H. Muhammad Yusuf, Ketua Pengurus Daerah (PD) Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kalimantan Tengah, Perwakilan , Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya dan Mahasiswa Farmasi UMPR. (asp)