Wagub Dorong Pembentukan Kodim di 5 Kabupaten di Kalteng

228237d3 b535 4eb5 ba0e add1866e352f
Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo saat menyampaikan sambutannya pada pada malam akrab bersama Pangdam XII/Tanjungpura dan Forkopimda Kalteng

BALANGANEWS, – Wakil , H. mendorong dan mendukung pembentukan di 5 Kabupaten di Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk memaksimalkan peran TNI dalam membantu Pemerintah Daerah.

“Kami mendorong dan mendukung pembentukan Kodim di 5 Kabupaten lainnya. Hal ini untuk memaksimalkan peran TNI dalam membantu Pemerintah Daerah dalam menyiapkan potensi pemberdayaan masyarakat untuk pertahanan negara,” kata Edy pada malam akrab bersama Pangdam XII/Tanjungpura, di Balai Berkah Makorem, Kamis (20/7/2023).

Wagub Kalteng menuturkan, saat ini Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) baru ada 7 Kabupaten dan 1 Kota yang memiliki Kodim (Komando Distrik Militer).

WhatsApp Image 2023 07 19 at 9.55.59 PM

“Untuk itu kami mendorong dan mendukung pembentukan Kodim di 5 Kabupaten lainnya, guna memaksimalkan peran TNI dalam membantu Pemerintah Daerah dalam menyiapkan potensi pemberdayaan masyarakat untuk pertahanan negara,” sambungnya.

Selain itu, Edy menyebut, bahwa Kalimantan Tengah adalah Provinsi terluas di Indonesia, yakni lebih dari 153 ribu Kilometer Persegi, lebih luas dibandingkan Pulau Jawa dengan kekayaan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah, mulai dari pertambangan, , perikanan, kehutanan, hingga pertanian, dan pesona alam yang luar biasa.

“Mengingat luasnya wilayah Kalteng, maka kami membagi menjadi tiga Zona yaitu Zona Barat, Zona Tengah, dan Zona Timur. Untuk Zona Timur meliputi DAS Barito yang berjarak 346 Km menuju Titik Nol Ibu Kota , sekitar 7-8 jam lewat jalur darat,” tandasnya. (asp)