Pemprov Kalteng-KPK RI Gelar Bimtek Keluarga Berintegritas

WhatsApp Image 2023 08 04 at 7.35.55 PM
Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran saat menerima cinderamata dari Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK RI, Wawan Wardiana

BALANGANEWS, bersama dengan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Berintegritas di Provinsi , di Swissbell Hotel Danum Palangka Raya, Jumat (4/8/2023).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana.

Dalam sambutannya, Wawan menyampaikan tugas-tugas KPK ada enam mulai dari tindakan-tindakan pencegahan supaya tidak terjadi tindak pidana , upaya berkoordinasi dengan instansi pemberantasan korupsi dan pelayanan publik.

ADE S

Selain itu, memonitoring terhadap penyelenggaraan negara, supervisi terhadap instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi, melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan terhadap tindak pidana korupsi serta eksekusi.

Untuk menjalankan enam tugas tersebut, sambung Wawan, KPK melakukan pergerakan melalui pendekatan pendidikan antikorupsi atau biasa dikenal dengan pendekatan preventif dilakukan untuk meniadakan itikad atau keinginan untuk melakukan korupsi, melalui perbaikan sistem atau perbaikan kebijakan yang disebut juga pendekatan preventif.

“Melalui penindakan dengan melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan atau dikenal dengan istilah represif yang menimbulkan efek jera sehingga orang takut untuk melakukan korupsi,” imbuhnya.

Sementara itu, Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran menyampaikan kegiatan ini merupakan suatu bentuk upaya nyata dan sinergisitas yang baik antara Kalteng dengan KPK-RI dalam upaya mewujudkan proses penyelenggaraan pemerintahan di Provinsi Kalteng berjalan baik dan bersih serta terhindar dari tindak pidana korupsi.

“Saya sangat mengapresiasi KPK RI yang telah menginisiasi kegiatan bimtek kali ini,” ujar Sugianto.

Lanjutnya, kolaborasi antara Pemprov Kalteng dan KPK-RI merupakan langkah strategis dalam membangun budaya antikorupsi yang berkelanjutan, dalam rangka mewujudkan Kalteng Makin Berkah, bebas dari korupsi.

“Diharapkan melalui kegiatan ini dapat memperoleh pengetahuan dan pemahaman, yang dapat diimplementasikan untuk membangun keluarga berintegritas, keluarga yang memiliki nilai-nilai kejujuran, transparansi, akuntabilitas, kemandirian, dan keadilan, serta keluarga yang akan menjadi benteng kuat dalam melawan korupsi,” tandasnya. (asp)