Museum Balanga Perkuat Kecintaan Terhadap Budaya dengan Melukis

af05e43a c06b 448e a8ec 7eacbe2fc368

, PALANGKA RAYA – Kecintaan terhadap budaya Kalimantan Tengah harus terus dipupuk sejak usia dini.

Salah satu upaya agar kalangan generasi muda bisa lebih mencintai kebudayaan Suku Dayak, () Provinsi Kalimantan Tengah () melalui UPT Museum Balanga, menggelar lomba melukis tingkat SMA sederajat, Kamis (10/8/2023).

Kepala UPT Museum Balanga, Hartini Titin mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya dari pemerintah dalam rangka memberikan wawasan dan keterampilan tentang kebudayaan kepada masyarakat terutama kaum muda.

Menurutnya, selain untuk mengasah keterampilan, puluhan peserta juga mendapatkan pemahaman yang benar tentang implementasi nilai dari sebuah karya seni.

“Dengan adanya lomba melukis, juga dapat memperkaya pengetahuan dan budaya bagi generasi muda serta memperkuat identitas kedaerahan, dan memperkenalkan kembali budaya Suku Dayak Kalteng kepada generasi penerus bangsa,” ungkapnya.

Adapun para pemenang lomba ini antara lain, Lomba Melukis Putera dimenangkan oleh M. Rahman Hakim dari sebagai Juara 1, Semmer Janson dari SMAN 2 Palangka Raya sebagai Juara 2, dan Yoga Irawan dari SMK Swasta YPSBEI pada Juara 3.

Kemudian, untuk Lomba Melukis Kategori Puteri dimenangkan oleh Hana dari SMKN 4 Palangka Raya sebagai Juara 1, Cinta Laura dari SMAN 1 Palangka Raya sebagai Juara 2, dan Halinatus dari SMAN 1 Palangka Raya pada Juara 3.

Sebelumnya, UPT Museum Balanga juga menggelar lomba Manyipet atau Menyumpit. Kemudian rangkaian lomba untuk melestarikan kebudayaan serta peninggalan Suku Dayak, akan ditutup dengan lomba menyauk lauk bertempat di UPT Museum Balanga Palangka Raya. (asp)