Pemprov Kalteng Gelar Rakor Penelitian dan Pengembangan

WhatsApp Image 2023 08 14 at 1.59.44 PM (1)

, – Pemprov melalui Badan Perencanaan Daerah, Penelitian dan Pengembangan () menggelar Rapat Koordinasi Penelitian dan Pengembangan se-Kalteng, di Aula Bappedalitbang setempat, Senin (14/8/2023).

Wakil Kalteng, H. Edy Pratowo menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, sebagai wadah strategis untuk menyamakan persepsi dan membahas langkah-langkah penguatan penelitian dan pengembangan serta inovasi daerah, khususnya dalam menghadapi tantangan yang bersifat regional, , maupun global, guna mewujudkan Kalteng Makin Berkah.

Sebagaimana diketahui, rapat koordinasi tahun ini dilaksanakan pada masa transisi perubahan nomenklatur dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan menjadi Badan Perencanaan Pembangunan, Riset, dan Inovasi Daerah.

“Hal tersebut merupakan tantangan yang berat bagi daerah untuk menggiatkan Riset dan Inovasi dalam rangka meningkatkan pembangunan di Provinsi Kalimantan Tengah, sebagai bagian dari peningkatan perekonomian, yang secara langsung mempengaruhi berbagai sektor kehidupan dan struktur tatanan , budaya, dan ekonomi kita,” tutunya.

Edy mengajak seluruh stakeholders, dalam upaya pemulihan kondisi perekonomian tersebut, harus berupaya keras mendorong birokrasi untuk terus melakukan inovasi kebijakan dan pelayanannya, baik dalam kondisi normal maupun emergensi.

“Unit kerja Litbang atau Riset dan Inovasi Daerah harus mampu merevitalisasi fungsi dan tugasnya untuk mengembangkan ide dan gagasan baru tentang kebijakan dan pelayanan publik, dalam menghadapi berbagai situasi dan kondisi yang teraktual, dengan mengedepankan penyusunan dan pengambilan kebijakan berbasis ilmu dan data,” imbuhnya.

Selanjutnya, Wagub Edy menambahkan kepada stakeholder terkait untuk mendorong Indeks Inovasi Daerah untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan perbaikan kualitas pelayanan dan meningkatkan koordinasi dan fasilitasi antar mitra kerjanya di daerahnya masing-masing.

“Kami meminta dukungan dari Bapak/Ibu Narasumber, dalam memajukan penelitian dan pengembangan dan BRIDA di Provinsi Kalimantan Tengah. Besar harapan saya, kiranya materi yang disampaikan dapat membantu kami dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada di daerah,” pungkasnya. (asp)