Meskipun Inflasi Kalteng Aman, Harus Tetap Waspada

WhatsApp Image 2023 08 14 at 2.00.31 PM
Sahli Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Yuas Elko saat menghadiri Rakor Pengendalian Inflasi Tahun 2023 secara virtual

, PALANGKA RAYA – Staf Ahli (Sahli) Gubernur Bidang , Keuangan, dan , hadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Tahun 2023 bersama RI Tito Karnavian secara virtual dari Ruang Rapat Bajakah Kantor Gubernur Kalteng, Senin (14/8/2023).

Usai rapat, Yuas mengatakan Indeks Perkembangan Harga (IPH) sebagai proxy inflasi di Provinsi Kalteng pada minggu kedua Agustus ini mengalami deflasi, yakni sebesar -0,50 persen.

“Kita berada di urutan 21 IPH Provinsi yang mengalami deflasi, sedangkan di Pulau Kalimantan sendiri kita berada di urutan 3 setelah Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur,” ucapnya.

Menurut Yuas, inflasi di Kalteng sejauh ini masih tergolong aman dan terkendali.

“Namun kita harus selalu waspada, karena beberapa komoditas masih mengalami fluktuasi harga. Itu yang menjadi perhatian Pemerintah Daerah sehingga harga barang bisa terjangkau oleh masyarakat, kemudian kesejahteraan petani juga bisa meningkat,” tegasnya.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian dalam arahannya mengatakan, sesuai arahan Presiden kita harus konsisten melaksanakan rakor inflasi daerah ini.

“Di daerah-daerah juga harus konsisten untuk mengecek harga-harga barang di pasar,” kata Tito.

Menurutnya, inflasi saat ini sudah berada di posisi yang baik yaitu 3,08 persen (y-o-y) pada bulan Juli lalu. “Kita harus terus kendalikan inflasi ini, jika tidak dikendalikan bisa melonjak lagi ke depannya,” tandasnya. (asp)