Wagub Hadiri Rapur ke-11 Masa Sidang II 2023 DPRD Kalteng

IMG 20230816 WA0023

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H. menghadiri Rapat Paripurna (Rapur) ke-11 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023 Provinsi Kalteng, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Prov. Kalteng, Rabu (16/8/2023).

Rapat paripurna tersebut dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia (RI) dalam rangka Memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI secara virtual.

Dalam Pidato Pengantarnya, Presiden RI Joko Widodo mengatakan, bahwa saat ini Indonesia punya peluang besar untuk meraih Indonesia emas di 2045, dengan meraih posisi jadi lima besar kekuatan dunia.

“Kita punya kesempatan, dan tidak hanya peluangnya saja tetapi strategi meraihnya sudah ada, sudah dirumuskan, tinggal apakah kita mau memfokuskan energi kita untuk bergerak maju atau membuang energi kita untuk hal-hal tidak produktif bahkan ke hal yang membuat kita melangkah mundur,” ucapnya.

Presiden mengutarakan, bonus demografi yang akan mencapai puncak di tahun 2030 adalah peluang besar kita untuk meraih Indonesia emas 2045.

Bonus demografi adalah kondisi yang terjadi saat sebuah negara memiliki jumlah penduduk usia produktif yang lebih tinggi daripada penduduk usia non-produktif. Bonus demografi yang dimaksud adalah masa di mana penduduk usia produktif (15-64 tahun) akan lebih besar dibanding usia nonproduktif (65 tahun ke atas) dengan proporsi lebih dari 60% dari total jumlah penduduk Indonesia.

“68 persen adalah penduduk usia produktif, disinilah kunci peningkatan produktivitas kita,” tegas Presiden.

Pada kesempatan tersebut, juga menekankan pentingnya hilirisasi .

“Hilirisasi yang ingin kita lakukan adalah hilirisasi yang melakukan transfer , memanfaatkan sumber energi baru dan terbarukan serta meminimalisir dampak lingkungan,” jelasnya.

juga mengungkapkan juga membutuhkan dukungan dan kerjasama dari seluruh komponen bangsa.

“Peluang besar selanjutnya yang dimiliki adalah International Trust yang dimiliki Indonesia saat ini yang dibangun bukan hanya sekedar gimik atau retorika semata melainkan melalui sebuah peran dan bukti nyata keberanian Indonesia dalam bersikap,” tandas Presiden.

Turut Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua II DPRD Provinsi Kalteng Jimmy Carter beserta jajaran Anggota DPR Kalteng, dan juga Kepala OPD tingkat Provinsi Kalteng. (asp)