Museum Balanga Kalteng Gelar Lomba Manyauk Tingkat SLTA

IMG 20230817 WA0027

, – Menjelang Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia, menyelenggarakan Lomba Manyauk Tingkat Pelajar SLTA/sederajat, di Halaman Kantor , Selasa (15/8/2023).

Kepala UPT Museum Balanga, Hartini Titin mengatakan, bahwa tujuan pelaksanaan lomba ini ialah agar para pelajar tingkat SLTA/ sederajat ini mengenal sauk dan cara manyauk yang digunakan oleh masyarakat Kalimantan Tengah, untuk menangkap ikan di perairan yang tidak dalam.

Selain itu, juga sebagai pengenalan budaya masyarakat Kalimantan Tengah. Lomba Manyauk Tingkat Pelajar SLTA/sederajat ini merupakan kesempatan untuk mempraktekkan cara penggunaan sauk.

“Diharapkan agar generasi muda turut melestarikan budaya manyauk yang telah hampir jarang dilakukan masyarakat Kalimantan Tengah pada zaman ini,” ungkapnya.

Perlombaan yang diikuti oleh 16 SLTA/sederajat ini terdiri dari dua kategori, yaitu kategori putra dan putri. Adapun pemenang lomba untuk kategori putra yaitu Juara 1 SMAN 2 Kahayan Tengah, Juara 2 SMAN 4 Palangka Raya, dan Juara 3 SMAN 5 Palangka Raya.

Sedangkan pemenang Kategori Putri yaitu, Juara 1 SMAN 2 Kahayan Tengah, Juara 2 SMA Isen Mulang Palangka Raya, dan Juara 3 SMKS-YPSEI Palangka Raya. (asp)