Pemprov Matangkan Persiapan Jelang Jambore UMKM di Kobar

IMG 20230818 WA0068

BALANGANEWS, – Pemprov Kalteng menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) membahas persiapan kegiatan Jambore Usaha Mikro, Kecil dan Menengah () Wilayah Barat Tahun 2023, di Ruang Rapat Wakil Gubernur Kalteng, Jumat (18/8/2023).

Saat memimpin rapat, Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng, H. Edy Pratowo menjelaskan bahwa dalam rapat koordinasi persiapan ini, akan didengarkan bersama sejauh mana persiapan yang sudah dilakukan, baik oleh Pemprov Kalteng maupun oleh Pemkab (Kobar).

Wagub berharap Jambore UMKM dapat dilaksanakan dalam suasana meriah. “Di dalam Jambore, silakan muatan-muatan apa yang akan dilakukan. Nanti dari Pemprov, apakah kita melaksanakan Pasar Murah di sana seperti biasa, nanti bisa melibatkan Disperindag kita,” jelasnya.

Selain itu, Wagub berharap Pemprov Kalteng dan Pemkab Kotawaringin Barat dapat berkoordinasi agar kegiatan ini dapat dipersiapkan dengan baik.

“Kita sepakat di tanggal 2 September, tidak ada pergeseran. Kita juga perlu meyakinkan tanggal tersebut tidak berbenturan dengan kegiatan lain,” imbuhnya.

Ditambahkan Wagub, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengangkat perekonomian di Kotawaringin Barat, sehingga semua pihak diharapkan bisa membantu dan mendukung Jambore UMKM tahun 2023.

“Diharapkan suasananya adem ayem. Dengan kegiatan ini, diharapkan ada nilai-nilai silaturahim, kebersamaan yang dibangun di Kobar dan kabupaten-kabupaten lainya di Wilayah Barat,” harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalteng, Norhani menambahkan, Jambore UMKM Wilayah Barat 2023 tersebut mengusung tema UMKM Bersatu, Berkembang, dan Berjaya serta sub tema Menuju UMKM Naik Kelas dan Go Digital, Kalteng Makin Berkah.

“Melalui kegiatan ini, UMKM diharapkan dapat naik kelas dengan bertambahnya pengetahuan mengenai kewirausahaan, lebih termotivasi untuk meningkatkan produktivitasnya, mandiri, dan berdaya saing,” ungkapnya.

Sementara itu, Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kotawaringin Barat, Juni Gultom melaporkan Jambore rencananya akan digelar pada 2-9 September 2023 di Pangkalan Bun Park, Jalan H.M. Rafii, Kelurahan Madurejo, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Jambore ini akan dirangkai dengan kegiatan pertemuan pelaku UMKM dan pemberian materi oleh narasumber dari Kementerian/Lembaga terkait. Selain itu, Jambore antara lain juga akan dirangkai dengan acara Launching Gerobak, Penyerahan Bantuan Produktif bagi UMKM, dan Jalan Sehat Bersama UMKM.

Jambore akan diikuti sekitar 5.612 UMKM yang terdiri dari 2.138 UMKM Kabupaten Kotawaringin Barat, 1.492 UMKM Kabupaten Kotawaringin Timur, 350 UMKM Kabupaten Lamandau, 1.132 UMKM Kabupaten , dan 500 UMKM Kabupaten Sukamara.

Tidak hanya di Wilayah Barat, Jambore UMKM juga akan digelar di Wilayah Tengah yang meliputi Palangka Raya, , Katingan, Kapuas, dan Pulang Pisau serta di Wilayah Timur yang meliputi , , Barito Utara, dan Murung Raya. (asp)