Dewan Dorong Tingkatkan Minat Baca Masyarakat Melalui Perpustakaan

IMG 20230820 WA0022
Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kateng), Sri Neni Trianawati

, PALANGKA RAYA – Anggota Komisi III Provinsi Kalimantan Tengah (Kateng), Sri Neni Trianawati mendorong adanya upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat terutama generasi muda melalui , baik itu daerah maupun desa.

“Meningkatkan kualitas SDM itu tidak hanya pada satuan atau sekolah saja, tapi juga bisa melalui perpustakaan, karena di perpustakaan pastinya banyak ilmu yang bisa didapatkan melalui kegiatan membaca,” ucapnya baru-baru ini.

Sri menjelaskan, di era perkembangan zaman saat ini banyak diantara masyarakat utamanya generasi muda yang terpaku dengan digitalisasi, sehingga berimbas terhadap menurunnya minat baca oleh generasi muda.

“Maksud terpaku itu yakni masyarakat maupun generasi muda lebih banyak menghabiskan waktu memainkan gadget atau handphone saja misalnya main , sosial media dan lain-lain ketimbang membaca. Padahal membaca itu penting untuk memperdalam ilmu pengetahuan,” jelasnya.

Srikandi ini menambahkan, perkembangan teknologi digitalisasi sebenarnya tidak ada salahnya dan itu juga bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang bermanfaat terutama bagi ilmu pengetahuan.

Untuk itu, ia berharap keberadaan perpustakaan perlu lebih dimaksimalkan lagi untuk meningkatkan minat baca masyarakat, baik itu mengembangkan aplikasi perpustakaan digital yang bisa diakses melalui serta meningkatkan sarana atau fasilitas perpustakaan.

“Yang perlu diperhatikan juga yakni keberadaan perpustakaan yang ada di pedesaan. Bagi yang sudah memiliki supaya lebih ditingkatkan, dan yang belum agar dibangun. Menjadi tugas pemerintah memperhatikan hal ini dalam rangka untuk mencerdaskan anak bangsa,” tandasnya. (asp)