Sekda Lepas Kontingen Kalteng Ikuti POPNAS XVI di Palembang

WhatsApp Image 2023 08 25 at 3.14.51 PM

, PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), H. melepas secara resmi Kontingen Provinsi Kalteng mengikuti Pekan Olahraga Pelajar (POPNAS) XVI Tahun 2023 di Palembang.

Pelepasan berlangsung usai dilaksanakannya senam pagi bersama antara dan BUMN/BUMD di lingkungan Pemprov Kalteng, yang dilaksanakan di Halaman Kantor Kalteng, Jumat (25/8/2023).

Sekda Kalteng mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten/Kota dan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalteng, yang telah mempersiapkan para atlet, pelatih, ofisial, manajer dan seluruh kontingen untuk berpartisipasi dalam ajang yang akan dilaksanakan di Kota Palembang, Sumatera Selatan, 25 Agustus sampai dengan 4 September 2023.

“Kita semuanya tentunya merasa bangga sekaligus gembira pagi hari ini kita bisa berjumpa dan melepas keberangkatan duta-duta olahraga Provinsi Kalimantan Tengah untuk berlaga pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional ke-16 di Palembang,” ucapnya.

Sekda Kalteng mengutarakan POPNAS ini merupakan kompetisi olahraga tertinggi bagi pelajar.

“Oleh karena itu, anak-anakku para atlet harus merasa bangga. Jadikan ajang ini sebagai pengalaman berharga, untuk mengukur sekaligus mengembangkan bakat dan kemampuan olahraga yang kalian miliki,” ungkapnya.

Sekda mengharapkan, dengan bertanding di POPNAS XVI ini akan melahirkan atlet-atlet Kalteng yang mampu berprestasi di tingkat nasional, dan bahkan di tingkat . Ia berpesan kepada Kontingen Kalteng untuk menjalin silaturahmi dan jaga solidaritas dengan saudara-saudara se-tanah air.

“Namanya kompetisi pasti ada persaingan, namun tetap bumikan semangat Isen Mulang dan Huma Betang di manapun kalian berada. Kegiatan POPNAS Palembang akan berlangsung selama 10 (sepuluh) hari. Oleh karena itu, jagalah fisik dan mental, makan teratur, dan beristirahatlah yang cukup,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Kontingen POPNAS Kalteng, Adi Nur Fajar menyampaikan, keikutsertaan Kontingen Kalteng dalam ajang POPNAS XVI di Kota Palembang kali ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan kegiatan Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (POPPROV) se-Kalteng yang telah dilaksanakan tanggal 27 Juni-3 Juli Tahun 2022 lalu di Kota Palangka Raya.

Selain itu juga, menindaklanjuti hasil seleksi Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (PRA POPNAS) Zona III Tahun 2022 di Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru pada tanggal 26 Oktober-02 November Tahun 2022, serta hasil Kejuaraan Nasional Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (Kejurnas PPLP) Tahun 2023.

Lanjutnya, kontingen Provinsi Kalteng akan mengikuti sebanyak 12 cabang olahraga dari 22 cabang olahraga yang akan dipertandingkan, yaitu Angkat Besi, Atletik, Balap Sepeda, Dayung, Karate, Menembak, Panahan, Panjat Tebing, Pencak Silat, Sepak Takraw, Taekwondo dan Tinju.

“Kontingen Kalteng yang mengikuti POPNAS berjumlah total 208 orang, terdiri dari Atlet sebanyak 102 orang, 54 putra dan 48 putri, Pelatih 48 orang, 40 putra dan 8 putri, Official Provinsi Kalteng sebanyak 11 orang, Official Kabupaten/Kota sebanyak 41 orang, Tim Kesehatan sebanyak 4 orang, Tim Dokumentasi dan Publikasi 2 orang,” pungkasnya. (asp)