Anggaran Pilkada Kalteng 2024 di Dua Kabupaten Belum Final

IMG 20230825 WA0030
Ketua KPU Kalteng, Sastriadi

, – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah (), Sastriadi mengatakan, sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait persiapan anggaran pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah () tahun 2024.

“Untuk Kalimantan Tengah sendiri secara keseluruhan di tingkat Provinsi sudah final pembahasan dengan TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) Provinsi Kalimantan Tengah,” ungkapnya pada kegiatan coffe morning bersama Kalteng di Kantor KPU setempat, Jumat (25/8/2023).

Sementara untuk Kabupaten/Kota, Sastriadi membeberkan seluruh sudah tahapan final pembahasannya, terkecuali dua Kabupaten yang masih dalam pembahasan yakni Kabupaten dan Kabupaten Pulang Pisau.

Ia menyebut, mengusulkan Rp44 miliar kepada Pemkab untuk anggaran Pilkada, namun kemampuan Pemerintah Daerah hanya Rp29 milliar. Sedangkan KPU Pulang Pisau mengusulkan Rp26 milliar, sedangkan disetujui oleh Pemerintah Daerah hanya Rp22 milliar

“Kami terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah terkait dengan penyelesaian permasalahan di Kabupaten tersebut. Karena paling lambat bulan Oktober sudah dilaksanakan penandatanganan NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah),” jelasnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalteng, mengungkapkan, terkait anggaran yang berkaitan dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, sudah final dibahas dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah tinggal menunggu proses selanjutnya.

“Kemudian untuk Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau yang sampat saat ini belum selesai maka perlu segera dikomunikasikan antara pihak KPU dengan Sekda Provinsi Kalteng sebagai Ketua TAPD mengenai kendala yang dihadapi untuk bisa segera diselesaikan,” tandasnya. (asp)