Sekda Kalteng Resmi Tutup Pelatihan Kepimpinan Administrator 2023

WhatsApp Image 2023 09 14 at 7.55.33 PM

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng, H. Nuryakin menutup secara resmi pelatihan kepemimpinan administrator gelombang I Angkatan I, II, dan III pemerintah provinsi kalimantan tengah ( Kalteng) tahun 2023.

Setiap instansi pemerintah diperlukan sosok pejabat administrator memiliki tanggung jawab dalam memimpin pelaksanaan seluruh kegiatan pelayanan publik, dan administrasi serta pembangunan bagi keberlangsungan unit organisasi, yaitu dalam peningkatan kinerja unit organisasi yang dilakukan oleh pejabat administrator.

“Kita berharap kinerjanya meningkat karena mereka dibebani aksi prioritas aksi perubahan,” kata Sekda seusai acara penutupan Pelatihan Kepimpinan Administrator di Gedung Aula BPSDM Provinsi Kalteng, Kamis (14/9/2023).

Ia menambahkan, bahwa pelayanan publik dikelola dan dikendalikan dengan baik, merupakan bagian integral dari peningkatan kualitas kinerja unit organisasi.

Pejabat administrator yang dapat memainkan peran tersebut adalah pejabat yang telah memenuhi kriteria kepemimpinan manajemen kinerja, sehingga cepat atau lambatnya peningkatan kinerja organisasi ditentukan kualitas manajemen kinerja yang dilakukan pejabat administrator.

“Karena aksi perubahan inilah akan meningkatkan kinerja masing-masing SKPD baik tingkat provinsi, kabupaten maupun vertikal. Dan nantinya ada evaluasi dari aksi perubahan apa sudah dilaksanakan,” ujar Sekda.

Lebih lanjut Nuryakin mengatakan pekerjaan rumah utama para peserta adalah merealisasikan tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

“Jadi aksi perubahan mereka ada tahapan-tahapan atau timelinenya ada jangka pendek, jangka menengah, jangka panjang dan itulah yang akan kita monitor,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala BPSDM Provinsi Kalteng, Rahmawati menambahkan, jumlah peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator sebanyak 120 orang berasal dari Pemprov Kalteng 40 orang, 7 orang, Pemkab Kapuas 8 orang, Pemkab 7 Orang, 6 orang, Pemkab Sukamara 8 orang, 6 orang, Pemkab 14 orang, Pemkab 6 orang, Pemkab Kotawaringin Barat 7 orang, Pemkab Kotawaringin Timur 6 orang dan Kejaksaan RI 5 orang.

Pelatihan Kepemimpinan Administrator dilingkungan Prov. Kalteng Tahun 2023 dilaksanakan selama 105 hari dengan 908 JP. Kurikulum yang digunakan dalam pelaksanaan ini terdiri dari empat Tahap, yang dibagi dalam empat agenda yaitu agenda Kepemimpinan dan Nasionalisme, agenda Kepemimpinan, kinerja, agenda pengendalian pekerjaan dan agenda Aktualisasi Kepemimpinan.

Rahmawati mengutarakan berdasarkan hasil penilaian aspek evaluasi terhadap peserta ditambah dengan aspek kedisiplinan dan hasil evaluasi serta hasil penentuan kelulusan peserta, maka peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan Angkatan I, II, dan III berjumlah 120 orang dinyatakan lulus.

“Angkatan I, II dan III dinyatakan lulus,” demikian Rahmawati. (asp)