Penyelarasan Kurikukum SMK Dengan IDUKA

WhatsApp Image 2023 09 20 at 6.34.29 PM

, melalui (Disdik) setempat menggelar Penyelarasan Kurikulum dengan Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA), di Ballroom Hotel Batu Suli Internasional, Palangka Raya, Senin (18/9/2023).

Plt. Kepala Dinas , Eka Aprilianty mengatakan, IDUKA merupakan program integrasi kurikulum pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia kepada perguruan tinggi vokasi agar selaras dengan kebutuhan dunia industri dan dunia kerja.

“Perlu adanya sinergi yang tepat supaya lulusan SMK dapat memenuhi kebutuhan industri salah satunya dengan cara menyelenggarakan Pendidikan yang mengacu pada keterampilan atau keahlian yang dipilihnya,” ucapnya.

Disampaikan pula, bahwa tujuan utama dari program IDUKA adalah terciptanya kolaboratif dan kondusif antara perguruan tinggi vokasi dan dunia industri yang mampu meningkatkan keterampilan SDM yang unggul.

“Dari kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa SMK adalah pendidikan yang mempersiapkan peserta didik sebagai calon tenaga kerja dan mengembangkan eksistensi sesuai dengan kompetensi keahlian yang dipilihnya, maka sudah seharusnya SMK memfasilitasi peserta didik dalam pemilihan, penempatan dan penyesuaian jurusan/kompetensi keahlian yang dipilih agar mampu mempersiapkan dan mengembangkan potensi tersebut pada dunia kerja,” pungkasnya. (asp)