Apresiasi Polda Kalteng dalam Tangkap Tersangka Anirat di Pelantaran

WhatsApp Image 2023 09 20 at 10.49.22 PM
Masyarakat saat tengah minta pendapat dengan forum kebangsaan

, PALANGKA RAYA – Forum Kebangsaan Kalteng sebagai salah satu wadah tergabungnya ormas , daerah dan paguyuban se-Kalteng mengapresiasi kinerja Polda Kalteng yang sudah menetapkan para tersangka pada kasus Anirat di Pelantaran.

Salah satu pengurus Forum Kebangsaan Kalteng Adi mengatakan, bahwa siapapun yang bersalah harus ditangkap dan diproses.

“Kami dari Forum Kebangsaan sangat menyayangkan yang terjadi di Pelantaran, ini diduga karena kepentingan oknum yang tidak bertanggung jawab dan diduga melakukan tindakan main hakim sendiri akhirnya jatuh korban,” ucap, Rabu (20/9/2023).

Ia juga mengimbau kepada semua pihak bisa belajar dari kejadian di Pelantaran, karena tidak menyelesaikan permasalahan.

“Kalau ada sengketa permasalahan alangkah baiknya bisa diselesaikan dengan duduk satu meja, kalau memang ada proses seharusnya para pihak bisa menahan diri dan menghormati proses tersebut makanya kalau ada yang minta saran terkait sengketa forum kebangsaan selalu mengarahkan langkah musyawarah atau mediasi,” tambahnya.

Sementara itu, di tempat yang sama Ketua Umum Kalteng Gatis menambahkan, kalau di Forum Kebangsaan setiap ada hal-hal yang bisa menimbulkan terjadinya konflik selalu diredam dan tetap minta arahan dari Polda Kalteng dan Aparat Penegak Hukum lainnya.

“Memang terkadang sulit dihindari gejolak di setiap ada perbedaan pendapat dalam sebuah penyelesaian sengketa, tapi seharusnya tetap menjaga keamanan dan ketertiban, jangan mudah terhasut dan diprovokasi oleh oknum yang memiliki tujuan tertentu, selain itu dugaan ada pelaku yang lain hingga aktor utamanya bisa ditangkap, karena kami Forum Kebangsaan selalu aktif turut serta menjaga keamanan dan ketertiban, sesuai dengan Petunjuk Ketua untuk menjaga kedamaian di Kalteng,” ungkapnya. (udi)