Pantau Harga Pangan, Staf Ahli Gubernur Sebut Beras Alami Kenaikan

Whatsapp Image 2023 09 22 At 6.29.47 Pm (1)

BALANGANEWS, bersama dengan Tim dan Tim Pengendali Daerah (TPID) Provinsi Kalteng melakukan pemantauan harga di Pasar Besar Palangka Raya, Jum’at (22/9/2023).

Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan dan , Yuas Elko mengatakan, saat ini stok beras tersedia cukup untuk kebutuhan sampai dengan akhir tahun. Namun, kenaikan harga beras terjadi dengan selisih kenaikan Rp1 ribu-2 ribu dengan berbagai merek.

“Harganya bervariasi, kalau yang murahnya hibrida, harga-harganya rata-rata Rp10.500 paling rendah. Kalau yang agak tinggi sampai Rp13.500 hibrida untuk kebutuhan masyarakat setempat, sementara yang lainnya juga naik juga, tapi tidak seberapa,” ungkapnya.

Sementara, untuk harga bawang jelas Yuas, berdasarkan pemantauan untuk harganya masih murah, namun bawang putih masih tinggi. Sedangkan curah, harganya turun.

Dengan adanya kenaikan harga tersebut, Yuas mengharapkan kepada seluruh stakeholder baik itu dari Satgas Pangan dan TPID untuk selalu waspada, dan melakukan berbagai upaya menekan harga agar tidak terjadi inflasi.

“Kita harus waspada, walaupun punya stok yang cukup untuk beberapa bulan. Kita kemarin panen perdana di dan Barito Selatan, itu langkah mengantisipasi supaya inflasi tidak terlalu tinggi, jadi Kalteng sudah berupaya,” tandasnya. (asp)