Gubernur Kalteng Tunda UCI MTB Eliminator World Cup

Whatsapp Image 2023 09 27 At 8.26.34 Pm
Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran

, PALANGKA RAYA – Kabar mengejutkan datang dari pelaksanaan event internasional di Kalimantan Tengah (Kalteng) yaitu Union Cycliste Internationale (UCI) Mountain Bike (MTB) Eliminator Championship 2023.

Pasalnya event yang rencana digelar pada 15 Oktober 2023 di Palangka Raya tersebut dibatalkan. Pembatalan tersebut berdasarkan surat nomor 426/ 689 /Bid.IV/DISPORA yang ditandatangani oleh Kalteng secara elektronik yang disampaikan kepada Ketua Umum PB ISSI.

“Dengan ini kami memutuskan Menunda Penyelenggaraan Event Union Cycliste Internationale Mountain Bike (UCI MTB) Eliminator World Championship 2023 yang rencana dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2023 di Palangka Raya Kalimantan Tengah, sampai waktu yang akan ditentukan kemudian,” tertulis dalam surat tersebut.

Dijelaskan penundaan tersebut karena, berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika () Provinsi Kalimantan Tengah, pada saat ini di Kalimantan Tengah mengalami perubahan ekstrem yang dipicu fenomena El Nino, yang berakibat pada kebakaran hutan dan atau . Termasuk di Kota Palangka Raya yang ikut mengalami dampaknya, diantaranya kabut asap dan tingginya partikel debu/pasir di udara serta suhu panas yang meningkat.

Fenomena El Nino tahun ini cukup lama diperkirakan sampai bulan Januari-Februari 2024.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah saat ini fokus dalam penanganan mengantisipasi meluasnya kebakaran hutan dan atau lahan serta melakukan antisipasi dini kepada masyarakat yang terdampak fenomena El Nino baik dalam hal kesehatan, , dan lainnya.

“Pada prinsipnya kami berterima kasih kepada Indonesian Cycling Federation Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia yang telah mempercayakan Provinsi Kalimantan Tengah sebagai Tuan Rumah Penyelenggaraan Event
Union Cycliste Internationale Mountain Bike (UCI MTB) Eliminator World Championship 2023 di Kota Palangka Raya dan sudah tersedia dana untuk kegiatan tersebut,” ucap Gubernur di dalam surat. (asp)