DPMPTSP Gelar Rapat Akhir Peta Potensi dan Peluang Usaha di Kalteng

Whatsapp Image 2023 10 05 At 7.25.16 Pm

, – Pemprov Kalteng melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) setempat melaksanakan rapat akhir penyediaan peta potensi dan peluang usaha di Kalimantan Tengah.

Rapat akhir ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang , Keuangan, dan Pembangunan, di Ballrom Hotel Luwansa Palangka Raya, Kamis (5/10/2023).

Yuas Elko menyampaikan, penyediaan data/informasi dan peta potensi serta peluang usaha di Kalteng tersebut dalam kerangka menarik minat calon investor agar mau menanamkan modalnya.

“Data/informasi dan peta potensi serta peluang usaha di Kalimantan Tengah, dalam kerangka menarik minat calon investor agar mau menanamkan modalnya dan berusaha di Kalimantan Tengah, khususnya di Kabupaten lokus,” ucapnya.

Adapun lokus peta potensi saat ini yang dilakukan oleh Pemprov Kalteng, yaitu Kabupaten , Kabupaten , Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Murung Raya dan Kabupaten Sukamara.

Penyediaan data/informasi dan peta potensi serta peluang usaha ini juga tambah Yuas, merupakan upaya pemerintah menjadikan Kalimantan Tengah sebagai daerah tujuan yang menarik dalam menjadikan Kalteng Semakin Berkah.

“Kami mengajak peserta rapat untuk memanfaatkan waktu dan kesempatan pada Rapat Akhir ini dengan sebaik-baiknya, memberikan kontribusi data/informasi, dan memberikan saran/masukan konstruktif,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Provinsi Kalteng, menambahkan, rapat akhir tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan investasi di Provinsi Kalimantan Tengah, yang dulu datanya manual diharapkan menjadi digitalisasi dan memberikan informasi yang lengkap kepada investor.

“Sehingga tidak susah lagi untuk mencari peluang investasi di Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Tengah. Dan juga mengetahui gambaran secara utuh, baik itu kendala maupun sebagainya yang bisa diketahui oleh investor,” jelasnya.

Sutoyo mengharapkan, agar rapat tersebut dapat memberikan rumusan-rumusan yang ideal bagi usaha di Provinsi Kalimantan Tengah pada tahun 2023.

“Melalui rapat ini, diharapkan profil potensi daerah dan peluang usaha di Kalimantan Tengah, terutama Kabupaten lokus, dapat tergambarkan dengan baik sehingga dapat menarik minat calon investor untuk menanamkan modalnya dan berusaha di Kalimantan Tengah,” tandasnya. (asp)