Pangdam XII Tanjung Pura Pimpin Apel HUT ke-78 TNI di Korem 102/Pjg

Whatsapp Image 2023 10 05 At 7.25.18 Pm

, – Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen Iwan Setiawan memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI tahun 2023, di Halaman Makorem 102/Pjg, Palangka Raya, Kamis (5/10/2023).

Saat membacakan amanat Panglima TNI, Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Iwan Setiawan mengatakan, bahwa berdasarkan hasil survei dari berbagai lembaga survei di tanah air TNI telah mendapat tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi baik di dalam dan luar negeri.

“Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang ditunjukkan selama ini,” ucapnya.

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI pada tahun 2023 ini, sambung Pangdam, mengusung tema TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju, yang mengandung makna, bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

“Tema ini diangkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia, dalam waktu dekat adalah Pemilu Serentak tahun 2024. Dimana akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif serta serentak di 548 daerah, yaitu pada 38 Provinsi, 415 Kabupaten dan 98 Kotamadya,” sebutnya.

Pangdam menegaskan, kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan.

“Untuk menyikapi kondisi tersebut, para prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi untuk menjamin bangsa. TNI berkomitmen untuk keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan berlangsung dengan aman, damai dan sejuk,” tegasnya.

Pangdam menambahkan, Panglima TNI mengharapkan agar selalu menjalin komunikasi, kerjasama dan sinergitas dengan , kementerian/lembaga dan komponen bangsa yang lainnya demi tercapainya stabilitas keamanan nasional yang aman, damai dan sejuk.

“Jaga nama baik TNI di manapun berada, selalu ingat bahwa tindakan sekecil apapun akan berdampak pada institusi TNI secara umum,” tutup Pangdam.

Untuk diketahui, selain pelaksanaan upacara parade dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan acara syukuran, bakti dan pameran dan menyerahkan Baksos kepada masyarakat, kepada veteran dan Warakawuri serta Pepabri, dan acara hiburan lainnya. (asp)