Wakapolda Kalteng Turun Langsung Padamkan Api di Tanjung Taruna

Whatsapp Image 2023 10 07 At 9.02.22 Pm

BALANGANEWS, – Wakapolda Kalimantan Tengah Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, melakukan pemadaman api di lokasi dan hutan (Karhutla) yang berada di Desa Tanjung Taruna, Kecamatan Jabiren, Pulang Pisau,Sabtu (7/10/2023) siang.

Dalam pemadaman Karhutla tersebut, Wakapolda didampingi Dansatbrimob Kombes Pol Pria Premos, Dirsamapta dan Kabidhumas serta sejumlah personel gabungan dari TNI, Polri, dan instansi terkait serta para relawan siaga Karhutla di provinsi setempat.

“Saat berada di lokasi kebakaran ini, Wakapolda langsung turun tangan melakukan pemadaman kebakaran lahan bersama petugas terkait, di salah satu titik,” ucap Kabidhumas Kombes Pol Erlan Munaji mewakili Wakapolda.

Lebih lanjut, Kabidhumas mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai upaya Polri khususnya dalam menanggulangi terjadinya Karhutla di wilayah hukumnya.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat agar ikut bahu-membahu dalam mencegah terjadinya kebakaran lahan ini. Mengingat dampak negatifnya sangat besar, selain bisa mengganggu aktivitas, juga mengakibatkan polusi udara yang mengancam masyarakat.

“Di situasi kemarau yang sedang terjadi saat ini, kami mengimbau masyarakat agar tidak melakukan dengan sembarangan apalagi tanpa pengawasan, karena itu bisa berbahaya,” ucap Kabidhumas.

Lebih dalam, Erlan juga meminta peran aktif masyarakat dalam menangani Karhutla ini. Apabila dari warga ada yang menemukan titik-titik api agar segera menginfokannya ke Babinsa ataupun setempat supaya api dapat segera dipadamkan dan tidak menyebar luas. (yud)