Rahmat Hidayat Penuhi Syarat Pencalonan Ketum KONI Kalteng

Whatsapp Image 2023 10 11 At 6.18.49 Pm

, – Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) bakal calon ketua umum (Ketum) periode 2023-2027 mengumumkan hasil verifikasi dan validasi data terhadap dua calon Ketum.

Berdasarkan hasil verifikasi dan validasi TPP terhadap dua bakal calon Ketum yang menyerahkan berkas pada Senin (9/10/2023) kemarin, hanya satu bakal calon yang lolos verifikasi dan validasi data persyaratan.

Diketahui sebelumnya, dua kandidat yang mengembalikan berkas calon ketua KONI yakni Komisaris Utama Independen PT , dan Mantan Pengurus , Noti Andi Runtuwene.

Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan Ketua KONI Kalteng, Eman Sumusi mengungkapkan, berkas administrasi atas nama Noti Andu Runtuwene lengkap, namun dukungan terhadapnya hanya didukung oleh satu pendukung saja.

Di dalam persyaratan, seharusnya bakal calon ketua umum harus mempunyai 30 persen dari unsur KONI Kabupaten/Kota dan 30 persen dari unsur anggota KONI dari cabang dan badan fungsional. Sehingga diperlukan minimal 4 dukungan KONI kabupaten kota dan 16 dukungan dari anggota organisasi cabang olahraga dan fungsional.

“Melihat, memeriksa dan memverifikasi dan memvalidasi berkas Noti dinyatakan tidak memenuhi persyaratan,” ungkap Eman Sumusi.

Sedangkan untuk berkas bakal calon ketua umum Rahmat Hidayat, Wakil Ketua Bidang Organisasi KONI Pusat mengungkapkan, didukung oleh 9 KONI Kabupaten/Kota dan 33 dari induk cabang olahraga.

“Setelah diteliti lebih dalam, hanya 33 cabor. Namun demikian dari dukungan tersebut dan persyaratan administrasi yang disampaikan yang memenuhi persyaratan balon (bakal calon) yang sekaligus juga calon adalah Rahmat Hidayat,” kata Eman.

Eman mengaku sudah menyampaikan hasil verifikasi dan validasi pihaknya tersebut ke dua balon dan calon tersebut. Sekaligus mengundang Rahmat Hidayat yang wajib menyampaikan visi dan misi pada saat Musyawarah Olahraga Provinsi Luar Biasa (Musorprovlub).

“TPP sedang mempersiapkan membuat laporan secara lengkap yang akan disampaikan ke Musorprovlub KONI Kalteng tahun 2023 pada tanggal 13 Oktober 2023 yang dijadwalkan pukul 14.00 WIB,” tandasnya. (asp)