Pemprov Kalteng Berkomitmen Turunkan Angka Stunting di Kalteng

Whatsapp Image 2023 10 13 At 7.32.28 Pm

, – Penurunan merupakan program prioritas yang ditetapkan dalam Visi dan Misi Gubernur Kalimantan Tengah (), yaitu mewujudkan kesejahteraan segenap masyarakat menuju Kalimantan Tengah makin Berkah.

Kesejahteraan masyarakat, antara lain dapat dicapai melalui percepatan sumber daya manusia yang cerdas, sehat, dan berdaya saing.

Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng, H. Edy Pratowo saat hadir pada kegiatan Reviu Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Kalimantan Tengah Tahun 2023 mengatakan, penurunan stunting menjadi perhatian bersama dan dibutuhkan kerja yang lebih keras.

“Saat ini kita berada di 26 persen, dan target kita ditahun 2024 berada di 15 persen,” kata Wagub kepada wartawan pada Kamis (12/10/2023).

Wagub menuturkan, angka stunting 15 persen tersebut bisa pihaknya lakukan.

“Tidak hal yang mustahil kita lakukan pasti bisa selama kita bekerja berkolaborasi,” tuturnya.

Wagub juga mengharapkan adanya kolaborasi dan sinergisitas dengan Kabupaten/Kota. Selain itu, agar kabupaten/kota bisa menganggarkan yang cukup. Petunjuk dari Presiden, menurut Wagub, harus dijabarkan di daerah masing-masing.

“Saya sebagai Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Provinsi berharap kolaborasi bisa kita bangun. Persoalan ini menjadi persoalan ,” harapnya.

Pencapaian prevalensi stunting di Provinsi Kalteng di tahun 2022 sebesar 26,9 persen atau mengalami penurunan 0,5 persen dari tahun 2021 sebesar 27,4 persen dan menempati peringkat ke-11 Provinsi tertinggi di Indonesia.

Bentuk komitmen Kalteng dalam percepatan penurunan stunting, tutur Wagub, terwujud melalui terbitnya Peraturan Gubernur Nomor 22 Tahun 2023 tentang Percepatan Penurunan Stunting Terintegrasi Tahun 2023-2024.

“Peraturan Gubernur tersebut memuat indikator dan target Rencana Aksi Daerah Provinsi Kalteng dalam Percepatan Penurunan Stunting,” pungkasnya. (asp)