Saka POM Tingkat Provinsi Kalteng Resmi Dilantik

Whatsapp Image 2023 10 16 At 4.03.10 Pm

, PALANGKA RAYA – Balai Besar POM di Palangka Raya melaksanakan dan Pengukuhan pimpinan dan majelis Satuan Karya Pengawasan Obat dan Makanan (Saka POM) tingkat daerah provinsi Kalimantan Tengah, Senin (16/10/2023).

Pelantikan tersebut dipimpin Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng melalui Wakil Ketua Pembinaan Anggota Dewasa Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng, Bambang Mantikei di Ballroom Swiss-belhotel Danum Palangka Raya.

Selain pelantikan Pimpinan Saka POM tingkat daerah Provinsi Kalimantan Tengah, juga dilakukan pelantikan cabang Saka POM tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur, Pulang Pisau dan Kapuas.

Ketua BBPOM di Palangka Raya yang juga Ketua Saka POM Kwarda Kalteng 2023-2028, Safriansyah mengatakan, Saka POM merupakan salah satu rintisan Satuan Karya yang dibentuk oleh Badan POM dalam rangka penguatan pengawasan obat dan makanan dengan melibatkan anggota pramuka sebagai salah satu penggerak di masyarakat.

“Hari ini pelantikan dan pengukuhan Saka POM Kwarda Kalimantan Tengah dan beberapa Kwarcab, yakni Pulpis, Kapuas dan ,” ucapnya.

Pelantikan dan pengukuhan ini sambung Safriansyah, merupakan cika bakal untuk persiapan Saka POM di bulan Desember yang dibahas dalam Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Pramuka Nasional.

“Tentu dengan harapan pramuka ini akan memperkuat fungsi pengawasan dan pelayanan publik Balai Besar POM di Palangka Raya, karena kita tahu integritas pramuka, kemudian loyalitasnya, sebagai kepanjangan tangan kami, yang terbatas sumber daya manusia,” imbuhnya.

Sementara itu, Sementara itu, Wakil Ketua Kwarda bidang Pembinaan Anggota Dewasa Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng, Bambang Mantikei mengatakan, pihaknya menyambut baik pelantikan Saka POM tingkat daerah Kalteng.

Bambang menyebutkan, pelantikan dan pengukuhan tersebut merupakan tindak lanjuti MoU antara BBPOM Palangka Raya dan Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng.

“Kita menyambut baik pengukuhan dan pelantikan. Kita berharap sinergi Balai Besar POM di Palangka Raya dan Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng dapat terus terjalin, dan pramuka dapat memperkuat pengawasan obat dan makanan,” ungkapnya.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (KSDM), Suhaemi menyampaikan, memberikan apresiasi kepada Ketua Kwartir Daerah dan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka di Kalimantan Tengah yang telah bekerjasama dalam pembentukan rintisan Saka POM.

“Pada hari ini melakukan pelantikan dan pengukuhannya. Hal ini merupakan bukti nyata peran serta komponen Masyarakat Kalteng dalam memberikan penguatan Pengawasan Obat dan Makanan,” ungkap Suhaemi.

Saat ini sudah ada 5 Saka POM Kwarcab di Kalimantan Tengah, yaitu Kabupaten Seruyan, , Kotawaringin Timur, Pulang Pisau, dan Kabupaten Kapuas. (asp)