Kawah Kepemimpinan Pelajar Wujud Nyata Penguatan Karakter

Whatsapp Image 2023 10 20 At 7.45.54 Pm

, – Dinas (Disdik) Provinsi Kalimantan Tengah () menyelenggarakan kegiatan Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP) SMA Angkatan I Tahun 2023 pada 19-21 Oktober 2023 di Hotel Putra Kahayan, Palangka Raya.

Plt. Kepala (Kadisdik) Provinsi Kalteng, Eka Aprilianty menyampaikan, bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai wujud nyata Pendidikan Penguatan Karakter peserta didik yang merupakan amanat konstitusi.

“Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan kepemimpinan generasi muda. Oleh karena itu, kegiatan KKP ini merupakan suatu bentuk dedikasi dan komitmen kita bersama untuk memajukan dunia pendidikan, membentuk pemimpin-pemimpin masa depan yang berkualitas, serta menginspirasi para pelajar untuk mencapai prestasi yang tinggi,” ucapnya, Kamis (19/10/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Eka juga menyampaikan pesan kepada para peserta,

“Saya ingin mengajak semua peserta untuk aktif dan berpartisipasi sepenuh hati selama kegiatan ini berlangsung. Manfaatkan kesempatan ini untuk belajar, berdiskusi, dan berkolaborasi dengan sesama peserta. Jalinlah hubungan baik, saling mendukung, dan berbagi pengalaman. Kegiatan ini bukan hanya tentang meraih gelar juara, tetapi lebih dari itu, hal ini adalah perjalanan menuju pertumbuhan dan pengembangan diri,” ungkapnya.

Sementara itu, Apip Purnomo selaku Ketua Panitia kegiatan mengharapkan, agar para peserta dapat mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya untuk terus belajar meningkatkan kedisiplinan, tanggung jawab dan meningkatkan kesadaran bermasyarakat agar dapat menjadi pemimpin di kemudian hari.

“Melalui kegiatan seperti ini, kita memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk mengembangkan potensi dan bakat mereka, serta membangun keterampilan kepemimpinan yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan di masa depan,” tandasnya.

Sebagai informasi, peserta yang terlibat dalam kegiatan ini adalah siswa siswi terbaik dari 50 Sekolah SMA di Provinsi Kalimantan Tengah yang berjumlah 100 orang, terdiri dari 50 orang putra dan 50 orang putri. (asp)